Seandainya Produsen dalam Satu Ekosistem Punah, Apa yang Bakal Terjadi?

Azhar
Kamis, 21 Juli 2022 | 08:15 WIB
Petani menanam padi. Sumber: Aksrida R24/azhar Petani menanam padi. Sumber: Aksrida

RIAU24.COM - Kita semua mengetahui jika alam semesta ini memiliki susunan ekosistem yang kompleks dan akan stabil ketika seluruh komponennya ada.

Lalu apa yang terjadi ketika salah satu produsen dalam satu ekosistem punah?

Tahukah jika ekosistem berkaitan dengan hubungan rantai makanan, dikutip dari modul tema 8: IPA Lingkungan Hidup Kita.

Rantai makanan dapat diartikan sebagai hubungan makan dan dimakan yang terjadi di dalam sebuah ekosistem.

Baca juga: 10 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia

Ketika semua proses itu terjadi, akan ada pemindahan energi dari satu trofik ke trofik lainnya. Artinya, dalam rantai makanan terdapat hubungan antar organisme yang biasa disebut sebagai produsen, konsumen, dan pengurai.

Produsen dapat juga disebut sebagai penyedia energi yang paling besar, seperti tumbuhan. Produsen juga tidak akan memakan makhluk hidup lainnya, karena produsen lah yang akan dimakan oleh konsumen.

Apabila produsen dalam suatu ekosistem punah atau hilang akan menyebabkan ekosistem terganggu. Dampaknya akan mengancam keseimbangan rantai makanan.

Artinya, apabila produsen punah maka konsumen pada tingkat I, tingkat II, dan seterusnya juga akan ikut mengalami kepunahan. Kondisi ini bisa terjadi karena produsen adalah makanan utama bagi konsumen tingkat I.

Baca juga: 4 Zodiak Dikenal Paling Emosional

Masih bingung? kita ambil contoh ekosistem sawah. Di sana rantai makanannya melibatkan padi - tikus - ular - burung elang - jamur atau bakteri. Padi berperan sebagai produsen dan ketika padi punah maka tikus sebagai konsumen tingkat I tidak akan mendapatkan makanan yang cukup.

Akibatnya tikus bisa ikut menghilang yang juga dapat berlanjut pada nasib konsumen berikutnya yang menjadikan tikus sebagai makanan.


Informasi Anda Genggam


Loading...