Sterefoam Aman Untuk Wadah Makanan, Benarkah?

Amastya
Senin, 01 Agustus 2022 | 13:36 WIB
Sterefoam, biasa digunakan sebagai wadah makanan ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika sering digunakan /Uwien Budi R24/tya Sterefoam, biasa digunakan sebagai wadah makanan ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika sering digunakan /Uwien Budi

RIAU24.COM Sterefoam merupakan busa yang memiliki bagian tertutup bewarna putih dan biasanya digunakan sebagai tempat menaruh makanan.

Baca juga: Cek Fakta! Voluntarily Stopping Eating and Drinking Diduga Jadi Penyebab Keluarga Kalideres Meninggal Dunia

Bentuknya yang ringan menjadikan sterefoam mudah dibawa kemana saja dan membuat makanan yang disimpan menjadi utuh. Harganya yang cukup terjangkau, sangat praktis untuk digunakan.

Ternyata, menggunakan sterefoam untuk menaruh makanan kita sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh karena sterefoam termasuk ke dalam golongan plastik.

Sterefoam mengandung zat kimia yang dipercaya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia karena terdapat benzene dan stirena yang dapat menyebabkan kanker.

Dilihat dari video yang diunggah akun YouTube Hydrofarm TV Indo pada Senin (01/8/2022), berdasarkan penelitian dari Unversitas Padjadjaran, bahaya sterefoam dari zat kimia bernama stirena yang digunakan untuk membentuk wadah.

Berikut faktor yang membuat makanan menggunakan wadah sterefoam dapat terkontaminasi:

1. Suhu makanan

Hindari sterefoam untuk memanaskan atau membungkus makanan yang panas karena dapat menimbulkan kerusakan sum-sum tulang belakang dan masalah pada kelenjar tiroid hingga menyebabkan penyakit anemia.

2. Makanan lama disimpan di dalam sterefoam

Semakin lama menyimpan makanan di dalam sterefoam maka semakin berbahaya bagi kesehatan tubuh kita sendiri.

3. Lemak pada makanan

Makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi dan disimpan di dalam sterefoam dapat terkontaminasi lebih banyak dibandingan makanan yang mempunyai sedikit lemak.

Baca juga: 27 November: Fakta dan Peristiwa Hari Ini, Transplantasi Wajah Parsial Pertama Kali Dilakukan

Adapun cara mencegah bahaya sterefoam untuk wadah makanan yaitu dengan cara:

  1. Jangan menggunakan sterefoam berulang kali.
  2. Menggunakan alas sebelum makanan menyentuh langsung sterefoam.
  3. Hindari wadah sterefoam digunakan untuk makanan panas.

Sebaiknya, jangan menggunakan sterefoam menjadi wadah makanan setiap hari agar tubuh terhindar dari bahaya yang terdapat zat kimia bagi kesehatan keluarga.

(***)(dil)


Informasi Anda Genggam


Loading...