Cuma Ada di Indonesia, Ada Pohon Kayu Putih yang Daunnya Mengandung Emas Lho...

Devi
Kamis, 04 Agustus 2022 | 08:45 WIB
Cuma Ada di Indonesia, Ada Pohon Kayu Putih yang Daunnya Mengandung Emas Lho... R24/dev Cuma Ada di Indonesia, Ada Pohon Kayu Putih yang Daunnya Mengandung Emas Lho...

RIAU24.COM -  Biasanya emas didapatkan dari kegiatan menambang di daerah tertentu.

Tapi tahukah Anda, di Indonesia ada daerah yang tanahnya mengandung emas lho...

Dimana ?

Ternyata tanah di Papua mengandung emas.

Emas dikumpulkan secara acak, kemudian dipisahkan dengan cara manual.

Baca juga: Auto Bikin Ngakak! Ini Momen Ji Chang Wook Ketakutan Karena Alasan Sepele di 'Youth MT'

Namun, rupanya ada tanaman yang menghasilkan emas, yaitu pohon kayu putih.

Lebih tepatnya, daun kayu putih mengandung partikel emas. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa tanah di tempat pohon kayu putih itu tumbuh mengandung emas. Bagaimana bisa pohon kayu putih mengandung emas? Simak penjelasan Riau24.com seperti dilansir dari Boombastis.com berikut.

Daun kayu putih mengandung emas

Tidak semua pohon kayu putih mengandung emas. Setidaknya, itulah hasil penelitian dari peneliti di Australia. Tepatnya, 25 kilometer utara wilayah Kalgoorlie, Australia Barat, terdapat sekelompok pohon kayu putih setinggi 30 meter yang mengandung partikel emas. Namun, bukan berarti emas dapat mudah ditemukan di tanah lapisan atas. Emas tersebut berada di kedalaman sekitar 30 meter, tertutup lapisan tanah tebal dan bebatuan.

 

Ilustrasi pohon kayu putih. [Sumber Gambar]

Jumlah partikel yang terkandung di dalam daun kayu putih juga tidak banyak. Sekitar 46 bagian per miliar, atau kurang dari 0,000005 persen berat setiap daun. Dibutuhkan sekitar 500 pohon kayu putih untuk menghasilkan cincin emas.

Baca juga: 4 Oktober: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari Ini, 143 Orang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Siberian Airlines

Emas terbawa secara alami dari tanah

Menurut peneliti, partikel emas dibawa oleh akar pohon kayu putih dari dalam tanah melalui jaringan tanaman menuju ke daun. Tentunya, sebenarnya akar kayu putih bertujuan mencari air dari dalam tanah, tetapi secara kebetulan terkandung emas. Peneliti menganalisa daun lebih rinci menggunakan sinar X khusus dan menemukan bahwa partikel emas tersebut berada di dalam jaringan pembuluh tanaman. Artinya, partikel emas tersebut dapat bergerak secara alami di dalam daun.

Ilustrasi pohon kayu putih mengandung partikel emas. [Sumber Gambar]

Temuan partikel emas di dalam daun menunjukkan bahwa kayu putih secara aktif berusaha menyingkirkan emas. Pasalnya, emas dianggap sebagai logam berat beracun. Hasil penelitian tersebut juga diperkuat dengan temuan, bahwa partikel emas di dalam daun terletak di dekat kristal kalsum oksalat yang merupakan jalur penghilangna bahan kimia beracun.

Pohon kayu putih dapat membantu penambang emas

Ilustrasi partikel emas di dalam kayu putih. [Sumber Gambar]

Rupanya, jika diteliti lebih jauh masih menggunakan sinar X pendeteksi partikel nano, kandungan emas bukan cuma di daun melainkan bagian lain dari pohon seperti ranting.

Penemuan partikel emas di dalam pohon kayu putih secara tidak langsung dapat membantu penambang emas.

Dapat dikatakan bahwa pohon kayu putih menjadi pendeteksi emas yang terbilang lebih murah dan lebih baik. Pasalnya, tes pengeboran emas biasanya mengabaikan area kecil yang mengandung emas.

Pohon kayu putih maupun tanaman yang dapat mendeteksi emas lainnya dapat membantu penambang tetapi hal ini perlu penelitian lebih lanjut.

Sementara itu, di Indonesia sendiri ada beberapa pohon yang mengandung emas seperti jarak pagar, jarak kastor, mindi, dan kemiri sunan.


Informasi Anda Genggam


Loading...