Daftar 11 Parpol yang Sudah Mendaftarkan Peserta Pemilu 2024

Zuratul
Jumat, 05 Agustus 2022 | 09:56 WIB
Potret Pendaftaran Pemilu 2024/kbr.id R24/zura Potret Pendaftaran Pemilu 2024/kbr.id

RIAU24.COM - Sebelas partai politik (parpol) telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjadi peserta Pemilu 2024.

Messi demikian, baru delapan parpol yang resmi berstatus terdaftar. Tiga partai lainnya masih melakukan perbaikan atas berkas pendaftaran.

Baca juga: Mahfud MD Komentari Omongan AHY Soal Intervensi Negara dalam Kasus Lukas Enembe

"Dari 11 itu, yang sudah diterbitkan berita acara yang menyatakan bahwa dokumen pendaftarannya dinyatakan lengkap dan statusnya sudah di daftar itu ada sementara ini delapan partai politik," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari pada jumpa pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (4/8).

Tiga partai yang masih harus melengkapi berkas perbaikan adalah Partai Reformasi, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), dan Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai).

Sementara itu, delapan parpol lainnya berhak melanjutkan ke tahap verifikasi administrasi. KPU akan mengecek keabsahan berkas dari setiap partai politik.

Masa pendaftaran akan ditutup pada 14 Agustus. KPU akan mengumumkan parpol yang lolos verifikasi administrasi dan berhak mengikuti verifikasi faktual.

Dalam verifikasi faktual, KPU akan mengecek langsung ke lapangan terkait sejumlah persyaratan. Beberapa di antaranya adalah keterwakilan di 34 provinsi, 75 persen kabupaten/kota, dan 50 persen kecamatan.

Baca juga: Mahfud MD Komentari Omongan AHY Soal Intervensi Negara dalam Kasus Lukas Enembe

Berikut daftar partai politik yang telah mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 hingga Rabu (3/8):

Berkas lengkap dan lolos pendaftaran:
1. PDIP
2. PKP
3. PKS
4. Perindo
5. Partai NasDem
6. PBB
7. PKN
8. Partai Garuda

Berkas belum lengkap, dan masih perbaikan:

1. Partai Reformasi 
2. Prima 
3. Pandai

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...