Tahukah Anda Habbatussauda Memiliki Segudang Manfaat Baik Bagi Kesehatan

Zuratul
Jumat, 05 Agustus 2022 | 10:17 WIB
Poterte Dari Habbatussauda/popmama.com R24/zura Poterte Dari Habbatussauda/popmama.com

RIAU24.COM Habbatussauda dikenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat untuk tubuh tanaman ini baik dikonsumsi untuk kekebalan tubuh selain itu ada beragam manfaat Habbatussauda untuk kesehatan dan kulit.

Jintan hitam (Nigella sativa) atau yang biasa dikenal dengan sebutan habbatussauda merupakan tanaman dari Timur Tengah yang biasa diolah untuk jadi bumbu masakan.

Baca juga: 2 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan dan Hari Konvensi Ikan Paus

Habbatussauda tumbuh sepanjang 30 sentimeter (cm) dan menghasilkan biji untuk bumbu masak komponen utama dari minyak biji hitam ini adalah thymoquinone, senyawa bersifat antioksidan dikutip dari Alodokter Kamis (4/8/2022).

Habbatussauda dijual dalam kemasan minyak suplemen, dan kapsul untuk obat selain obat herbal, biji jintan hitam ini juga dipakai untuk masakan Timur Tengah dan India.

Aroma biji jintan hitam sedikit pahit dan pedas seperti kombinasi bawang merah dan lada hitam.

Namun habbatussauda juga sudah lama digunakan sebagai obat herbal untuk menangani berbagai penyakit berbahaya dan diyakini memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan.

Kandungan dari Habbatussauda mengandung protein nabati, serat, mineral, dan vitamin yang penting untuk tubuh. Mengutip dari laman jurnal "Nigella sativa L. (Black Cumin): A Promising Natural Remedy for Wide Range of Illnesses.”

Riau24 mengutip beberapa manfaat  dalam Habbatussauda sebagai berikut 

1. Mempunyai Sifat Anti Kanker

Penelitian telah menunjukan bahwa habbatussauda dapat menjadi obat anti kanker. Kandungan timokuinon (thymoquinone) di dalam jintan hitam dapat memberi efek antikanker dan dapat mengurangi ukuran tumor ganas yang tumbuh di dalam tubuh.

2.  Menurunkan kolesterol

Kolesterol merupakan lemak jahat yang menumpuk di aliran darah. Semakin banyak lemak yang menumpuk dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Baca juga: Suka Ngelawak, 4 Zodiak Ini Paling Humoris

3.  Mengatasi gejala diabetes tipe 1

Sebuah penelitian dari Asian Pacific Journal of Tropical Medicine menemukan, senyawa ini mungkin bisa dijadikan agen terapi yang efektif untuk mengendalikan diabetes.

Penyuntikkan thymoquinone dapat mencegah perkembangan diabetes. Tidak hanya itu, jintan hitam juga digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh guna melawan penyakit menular pada orang yang memiliki sistem imun lemah.

Biji jintan hitam telah digunakan untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi, serta flu dan hidung tersumbat.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...