Bau Mulut Berlebihan Saat Hamil? Cek Cara mencegahnya!

Intan Salfitri
Jumat, 05 Agustus 2022 | 15:23 WIB
Ilustrasi bau mulut saat hamil R24/int Ilustrasi bau mulut saat hamil
Bea Cukai

RIAU24.COM - Saat hamil tak jarang banyak yang akan berubah pada diri seorang wanita, baik itu secara emosional maupun secara fisik.

Tak jarang beberapa orang akan mengalami bertambahnya berat badan, menghitamnya area lipatan dan munculnya stretch mark.

Baca juga: Tom Holland Hapus Akun Medsos, Kenali Dampak Negatif Media Sosial bagi Kesehatan Mental

Tak hanya itu, kesehatan pada bagian mulut harus lebih ekstra, dikarenakan perubahan hormon, morning sickness, dehidrasi, serta kondisi medis tertentu.

Dikutip dari Mom Junction, beberapa hal berikut ini bisa dilakukan ibu hamil untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan bau mulut.

Sikat gigi

Kamu bisa menjaga kebersihan mulut dengan lebih ekstra. Dengan cara rutin sikat gigi setidaknya dua kali sehari dapat membantu meringankan aroma yang mengganggu.

Cara inilah yang akan terus menjaga kebersihan mulut, serta menghindari bau mulut yang berlebihan.

Bersihkan lidah

Bila sebelumnya kamu hanya menyikat gigi saja, mulailah untuk membiasakan menyikat lidah, ini bisa dilakukan dengan menggunakan bagian belakang sikat gigi.

Membersihkan lidah dengan baik akan mencegah timbulnya bakteri akibat sisa makanan yang bisa menyebabkan bau mulut.

Berkumur

Biasakan untuk berkumur setelah makan untuk menghindari lebih banyak makanan yang nyangkut di gigi. Makanan yang tertahan di antara gigi ini bisa membusuk perlahan dan mengundang bakteri, Moms.

Baca juga: Air Hujan Tidak Aman Untuk Diminum Lagi Di Seluruh Dunia, Inilah Alasannya...

Hindari makanan berbau

Makanan yang memiliki aroma menyengat bisa saja menimbulkan bau mulut setelah dikonsumsi.

Jika Anda merasa bau mulut sangat kuat, ada baiknya untuk menghindari atau mengurangi konsumsi beberapa makanan seperti bawang-bawangan dan kafein.

Konsumsi cukup serat

Makanan kaya serat dapat membantu pembersihan plak gigi secara alami. Selain itu, serat juga akan membantu meningkatkan pencernaan selama kehamilan, Moms.

Hidrasi tubuh

Mulut yang kering selama kehamilan dapat memicu aroma tidak sedap. Jadi, jangan lupa untuk selalu menghidrasi tubuh dengan mengonsumsi cairan setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya.

Ke dokter gigi

Meski sedang hamil, tidak ada salahnya untuk tetap rutin melakukan pemeriksaan gigi. Ini akan membantu mencegah dan mengatasi jika ada permasalahan yang bisa mempengaruhi kehamilan.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...