Ketum PSSI Mochamad Iriawan Legowo Bertahan di AFF

Zuratul
Minggu, 07 Agustus 2022 | 09:31 WIB
Potret Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan/hops.id R24/zura Potret Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan/hops.id

RIAU24.COM - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyiratkan penghentian wacana bergabung ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) dan tetap berada di Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

"Kita sekali lagi mungkin tetap saja di AFF, karena memang negara kita kan ada di kawasan ASEAN ya, Asia Tenggara," kata Iriawan usai jalannya laga Indonesia vs Vietnam di laga ketiga Grup A Piala AFF U-16 2022, Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8) malam dikutip CNN. 

Baca juga: Pelatih Herve Renanrd Dorong Pemain Arab Saudi Buat Sejarah di Qatar 

Iriawan mengatakan PSSI berlapang dada dan menerima keputusan AFF yang menyatakan Vietnam dan Thailand tidak salah dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022.

"Kita terima karena semua keputusan ada di mereka (AFF) dan sudah dinyatakan sesuai dengan Komdis. Bahkan juga ada salah satu dari AFC juga hadir di situ, dianggap permainan (Vietnam vs Thailand) tidak ada masalah. Kita harus tetap lapang dada menerima itu," ujar Iriawan.

Wacana keluar dari AFF dan bergabung ke EAFF muncul setelah insiden yang di mata PSSI menodai fair play dalam laga dase grup Piala AFF U-19 antara Vietnam dan Thailand.

PSSI mengganggap ketika itu kedua kesebelasan seperti bermain tanpa niat mencari kemenangan setelah skor imbang 1-1. Dengan skor tersebut, Vietnam dan Thailand dipastikan lolos ke semifinal. Sementara di sisi lain hasil itu membuat anak asuh Shin Tae Yong terhenti di fase grup.

Dugaan pertandingan ternoda itu kemudian dilanjutkan dengan PSSI yang mengirimkan surat protes ke AFF sebelum ide bergabung ke EAFF muncul.

Baca juga: Daftar Tim yang Sudah Dipastikan Lolos dan Tersingkir di Piala Dunia 2022 Qatar 

Pengujung Juli 2022, AFF akhirnya membalas surat protes PSS dan menyatakan Vietnam dan Thailand tidak bersalah. Iriawan pun kini tak lagi menyinggung rapat bersama EXCO PSSI soal kajian untung rugi keluar dari AFF yang sempat diutarakannya sebelum laga Grup A Piala AFF U-16 2022 antara Indonesia vs Filipina di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/7) malam.

"Sehingga kita akan buktikan dengan permainan kita, kita balas Vietnam dengan Thailand kan. Seperti sekarang, kita bisa membuat kemenangan (atas Vietnam di Piala AFF U-16 2022). Masalah karma, mungkin tanyakan sama pelatih Vietnam, apakah ini karma kepada mereka," tandas Iriawan

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...