Ingin Membeli Berlian? Jangan Lupa Tanyakan Hal Ini Agar Kamu Tidak Rugi

Amastya
Minggu, 07 Agustus 2022 | 19:24 WIB
Berikut pertanyaan yang harus diajukan ke pedagang ketika ingin membeli berlian agar kamu tidak rugi /pexels R24/tya Berikut pertanyaan yang harus diajukan ke pedagang ketika ingin membeli berlian agar kamu tidak rugi /pexels

RIAU24.COM - Membeli berlian bisa menjadi pengalaman yang menakutkan atau bahkan membingungkan bagi sebagian banyak orang.

Baca juga: Auto Bikin Ngakak! Ini Momen Ji Chang Wook Ketakutan Karena Alasan Sepele di 'Youth MT'

Terutama bagi mereka yang baru pertama kali melakukannya dan memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki pengetahuan tentang batu permata yang berharga itu.

Jika anda berada di pasar untuk membeli berlian, yang kemungkinan akan menelan biaya yang cukup besar, anda pasti ingin melakukan riset dan meluangkan waktu untuk memilih berlian yang paling ideal.

Meskipun mudah untuk menemukan informasi dasar tentang berlian seperti 4C, serta nama merek dan perhiasan yang harus dipertimbangkan, tantangan sebenarnya terletak pada proses belanja yang sebenarnya.

Apa yang anda perhatikan saat melihat berlian di toko? Juga, apa yang harus anda tanyakan untuk memastikan bahwa anda tidak hanya mendapatkan berlian indah yang akan anda sukai, tetapi juga pembelian cerdas untuk dihargai seumur hidup?

Dilansir dari CNA Lifestyle, inilah pertanyaan yang harus diajukan ke pedagang, jika ingin membeli berlian agar anda tidak rugi:

Pertanyaan 1: Apa keseimbangan yang baik antara 4C?

Dasar-dasar pengetahuan berlian yang harus diketahui secara alami adalah 4C.

Potongan, warna, kejernihan, dan berat karat adalah istilah yang sudah dikenal oleh kebanyakan orang, tetapi ada lebih banyak hal yang dapat anda lakukan selain menentukan nilai yang anda inginkan untuk masing-masing kategori ini.

Meskipun semuanya adalah aspek penting yang berkontribusi pada keindahan berlian secara keseluruhan, yang lebih penting adalah memahami bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain.

Pembeli berlian yang cerdas tidak selalu langsung menuju yang terbaik di setiap kategori, tetapi ketahuilah mana di antara 4C yang harus diprioritaskan.

Pertanyaan 2: Bisakah saya melihat variasinya?

Anda mungkin telah meneliti segala sesuatu yang perlu diketahui tentang berlian, tetapi, sejujurnya, cara terbaik untuk memahami apa yang membedakan berlian yang baik dari yang benar-benar luar biasa adalah dengan melihatnya secara langsung.

Seringkali, perbedaan kecil dalam warna dan ukuran berlian biasanya tidak terlihat, kecuali jika anda membandingkan dua batu secara berdampingan.

Perbedaan harga di antara mereka, bagaimanapun, kadang-kadang bisa sangat signifikan. Perbandingan dapat membantu anda memutuskan mana yang merupakan pilihan yang lebih baik.

Pertanyaan 3: Bentuk apa yang tersedia?

Jika sudah memutuskan berlian seperti apa yang anda ingingkan, tanyakan tentang perhiasan seperti apa yang cocok dengan berlian tersebut.

Apakah cocok untuk cincin atau mungkin liontin atau anting-anting. Hal ini agar berlian yang anda beli tidak kehilangan keindahannya dan mengeluarkan potensi penuhnya.

Pertanyaan 4: Sertifikasi apa yang ada pada berlian?

Bagian penting dari pembelian berlian adalah sertifikasi. Tanpanya, tidak ada bukti keaslian, kualitas, dan nilai berlian.

Sertifikasi harus dikeluarkan oleh laboratorium penilaian berlian yang diakui secara internasional – dua entitas yang paling bereputasi dan tepercaya secara luas adalah GIA dan AGS.

Namun, beberapa toko perhiasan menawarkan sertifikasi in-house untuk berlian mereka.

Pertanyaan 5: Darimana asal berlian?

Ketika konsumen menjadi semakin sadar tentang masalah sosial, lingkungan dan etika yang ada di balik rantai pasokan berlian, semakin banyak orang, dalam beberapa tahun terakhir, menuntut informasi tentang sumber berlian yang mereka beli. Ada alasan bagus mengapa hal itu penting bagi anda.

Perdagangan berlian telah lama dikenal karena kurangnya transparansi, itulah sebabnya ia mengatakan banyak hal tentang reputasi, etika, dan keandalan perhiasan jika berusaha memberikan wawasan tentang asal serta perjalanan berlian yang mereka jual.

Pertanyaan 6: Apakah saya dapat menukar berlian tersebut di masa depan?

Berlian mungkin untuk selamanya, tetapi selera seseorang dalam perhiasan tidak mungkin tetap tidak berubah selamanya.

Baca juga: 4 Oktober: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari Ini, 143 Orang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Siberian Airlines

Itulah mengapa ada baiknya untuk memeriksa apakah anda dapat menukar pembelian berlian di masa mendatang, sebelum anda membelinya.

Itulah enam pertanyaan yang harus diajukan jika anda ingin membeli berlian agar tidak merugi.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...