Luar Biasa! Seorang Bocah Berusia 12 Tahun Dari Haryana, Berhasil Membuat 3 Aplikasi dan Pecahkan Rekor Dunia Guinness

Devi
Senin, 08 Agustus 2022 | 14:18 WIB
Luar Biasa! Seorang Bocah Berusia 12 Tahun Dari Haryana, Berhasil Membuat 3 Aplikasi dan Pecahkan Rekor Dunia Guinness R24/dev Luar Biasa! Seorang Bocah Berusia 12 Tahun Dari Haryana, Berhasil Membuat 3 Aplikasi dan Pecahkan Rekor Dunia Guinness

RIAU24.COM - Seorang anak berusia 12 tahun dari Haryana mengembangkan tiga aplikasi dengan beberapa panduan dari video YouTube. Kini, ia telah membuat Rekor Dunia Guinness dengan menjadi pengembang aplikasi termuda di dunia.

Siswa kelas VIII dari Jhajjar Jawahar Navodaya Vidyalaya, Kartikeya Jakhar membuat tiga aplikasi setelah menonton video YouTube. 

Dia masuk ke pengembangan aplikasi secara tidak sengaja. 

Selama pandemi, ayahnya membelikannya telepon seharga Rs 10.000 untuk kelas online-nya. Namun, telepon mulai mengembangkan masalah.

Baca juga: Pfizer Beli Aplikasi Smartphone yang Bisa Deteksi Covid 19 dari Suara Batuk

Setelah ini, anak pintar itu menggunakan YouTube untuk memperbaiki telepon. 

“Ponsel mengalami banyak masalah karena hang selama proses pengkodean. Dengan bantuan YouTube, saya memperbaiki telepon dan melanjutkan studi saya," kata Jakhar kepada Money Control.

Ia menambahkan, “Saya membuat tiga aplikasi, yang pertama terkait dengan Pengetahuan Umum bernama Lucent GK online. Yang kedua adalah Ram Kartik Learning Center yang mengajarkan coding dan desain grafis dan yang ketiga adalah Shri Ram Kartik Digital Education. Sekarang, aplikasi tersebut adalah menawarkan pelatihan gratis kepada lebih dari 45.000 siswa."

Baca juga: Google akan Menghentikan Layanan Streaming Stadia Setelah 3 Tahun Peluncuran

rekor dunia Guinness

Dia juga mengatakan dia terinspirasi oleh PM Modi dan ingin mengabdi pada negara suatu hari nanti. Ia juga menerima beasiswa dari Universitas Harvard. 

Orang tuanya sangat bangga padanya. Ayahnya Ajit Jakhar, seorang petani, memuji pencapaian Jakhar atas kerja keras dan tekadnya. “Saya mendesak pemerintah untuk membantu anak saya agar dia bisa mengembangkan aplikasi lain. Dia adalah bakat yang luar biasa dan saya ingin dia melayani negara dalam teknologi digital. Desa kami mengalami pemadaman listrik yang tinggi tetapi semangat Karitkeya sangat tinggi sehingga dia mampu bertahan di tengah semua krisis," kata sang ayah, lapor Hindustan Times.

medali rekorBerita18

Sungguh seorang yang berprestasi.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...