Berasal dari Kota Kecil, Wanita Ini Menjelma Menjadi Wanita Pertama yang Memimpin Badan Ilmiah Top India

Devi
Senin, 08 Agustus 2022 | 14:22 WIB
Berasal dari Kota Kecil, Wanita Ini Menjelma Menjadi Wanita Pertama yang Memimpin Badan Ilmiah Top India R24/dev Berasal dari Kota Kecil, Wanita Ini Menjelma Menjadi Wanita Pertama yang Memimpin Badan Ilmiah Top India

RIAU24.COM - Ilmuwan senior Nallathamby Kalaiselvi pada hari Sabtu, 7 Agustus 2022, ditunjuk sebagai direktur jenderal Dewan Penelitian Ilmiah dan Industri (CSIR), wanita pertama yang memimpin konsorsium dari 38 lembaga penelitian di seluruh negeri.

Dikenal karena pekerjaannya di bidang baterai lithium ion, Kalaiselvi saat ini menjabat sebagai direktur CSIR-Central Electrochemical Research Institute di Karaikudi di Tamil Nadu.

Dia menggantikan Shekhar Mande, yang pensiun pada bulan April. Rajesh Gokhale, Sekretaris, Departemen Bioteknologi, diberi biaya tambahan CSIR setelah Mande pensiun.

Baca juga: Miris! Tentara Ukraina Rilis Foto Kondisi Fisik Sebelum dan Sesudah Ditawan Rusia

Pengangkatannya untuk jangka waktu dua tahun terhitung sejak tanggal pengangkatan jabatan atau sampai perintah lebih lanjut, mana yang lebih awal, kata perintah kementerian personalia pada hari Sabtu.

Ini bukan pertama kalinya Nallathamby Kalaiselvi membuat sejarah dengan menjadi wanita pertama yang memimpin sebuah institut. 

Dia telah memecahkan langit-langit kaca sebelumnya pada tahun 2019 ketika dia menjadi wanita pertama yang memimpin Central Electrochemical Research Institute (CSIR-CECRI).  

Kalaiselvi juga akan menjabat sebagai sekretaris, Departemen Riset Ilmiah dan Industri.    

csircsir

Bagaimana dia memulai?

N Kalaiselvi telah meningkat melalui jajaran CSIR dari memulai karirnya di bidang penelitian sebagai ilmuwan tingkat pemula hingga menjadi Direktur Jenderal CSIR. 

Berasal dari Ambasamudhram, sebuah kota kecil di distrik Tirunelveli di Tamil Nadu, Kalaiselvi bersekolah di sekolah menengah Tamil yang, katanya, membantunya memahami konsep sains di perguruan tinggi.

Pekerjaan penelitian Kalaiselvi selama lebih dari 25 tahun terutama difokuskan pada sistem tenaga elektrokimia dan khususnya, pengembangan bahan elektroda, dan evaluasi elektrokimia bahan elektroda yang disiapkan di rumah untuk kesesuaiannya dalam perakitan perangkat penyimpanan energi.

Baca juga: Jung Ho-yeon 'Squid Game' Berhasil Masuk ke Daftar 100 Pemimpin Generasi Berikutnya Versi Majalah Time

kalaiselvi

Minat penelitiannya meliputi baterai lithium dan di luar baterai lithium, superkapasitor, serta elektroda dan elektrolit yang digerakkan oleh limbah menjadi kekayaan untuk penyimpanan energi dan aplikasi elektrokatalitik.

Dia saat ini terlibat dalam pengembangan baterai dan superkapasitor Sodium-ion/Lithium-sulfur yang praktis.

Kalaiselvi juga memberikan kontribusi penting pada Misi Nasional untuk Mobilitas Listrik. Dia memiliki lebih dari 125 makalah penelitian dan enam paten untuk kreditnya.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...