Tips Memasak Daging Rendang Agar Empuk, Lembut dan Meresap Bumbunya, Yuk Cek Penjelasannya!

Zuratul
Selasa, 09 Agustus 2022 | 11:23 WIB
Potret Rendang, Makanan Khas Dari Tanah Ranah Minang/liputar6.com R24/zura Potret Rendang, Makanan Khas Dari Tanah Ranah Minang/liputar6.com

RIAU24.COM - Cara memasak rendang memiliki beberapa langkah khusus agar daging tetap empuk. Makanan dari Ranah Minang ini memang menjadi kuliner favorit bagi banyak orang. 

Tidak hanya di Indonesia kelezatan rendang telah diakui seluruh dunia hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai olahan daging khas Sumatera Barat satu ini. 

Baca juga: 1 Oktober: Fakta dan Peristiwa Sejarah Tanggal Ini, Indonesia Rayakan Hari Kesaktian Pancasila

Rendang selalu diincar banyak orang jika berkunjung ke Rumah Makan Padang, daging yang empuk disertai bumbu-bumbu santan yang pedas membuat Makanan khas Sumatera Barat ini digemari masyarakat dalam negeri maupun luar negeri, dikutip fimela.com Senin (8/8/2022).

Cara memasak rendang sebenarnya tidak begitu sulit, namun membutuhkan kesabaran. Agar daging yang digunakan bisa empuk, kamu perlu mengolahnya dengan baik. 

1. Lumuri daging dengan jahe parut

Sebelum daging diolah menjadi rendang, coba lumuri daging terlebih dahulu dengan parutan jahe. Lalu diamkan daging yang sudah dilumuri dengan jahe parut selama beberapa menit sebelum diolah.

Selain menggunakan jahe parut, kamu juga bisa menggunakan nanas parut. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan daging yang lebih empuk saat diolah. Hal ini tentunya sangat penting sebagau cara memasak rendang agar daging empuk.

2. Potong searah dengan serat daging yang panjang

Ukuran daging jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Potong daging dengan tepat searah dengan serat daging yang panjang.

Meski mungkin hal ini tampak sepele tapi bisa cukup berpengaruh terhadap teksturnya ketika dimasak. Bila daging dipotong tidak searah seratnya maka nanti ketika diolah jadi agak alot.

3. Pilih daging bagian paha

Cara memasak rendang agar daging empuk berikutnya adalah memperhatikan pemilihan bagian daging. Daging bagian paha lebih cocok diolah menjadi rendang karena teksturnya kuat dan tidak mudah hancur. Selain itu, buang juga bagian lemak daging supaya nantinya ketika diolah rendang menjadi tidak alot.

4. Daging dipukul-pukul terlebih dahulu

Sebelum daging diolah, daging yang sudah dicuci dipukul-pukul terlebih dahulu untuk memudahkan bumbu meresap ke dalam daging. Namun, jangan terlalu keras atau lama saat memukul daging.

Baca juga: Siapa itu Chandra Liow yang Diduga Lakukan Kekerasan pada Mantan Kekasihnya Inayma yang Hampir Membunuhnya 

Jangan sampai daging yang akan diolah pipih dan hancur saat ingin diolah. Cara memasak rendang satu ini juga cukup penting dilakukan.

Saat ini, kita juga banyak menemukan kreasi olahan bumbu rendang dengan beragam bahan lainnya. Seperti ayam, telur, hingga kerang. Ini salah satu contoh olahan rendang daging yang dicampur dengan telur dan kentang.

Sekian penjabaran cara mengelolah daging rendang yang empuk, silahkan dicoba dirumah!.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...