Jenis Susu Ini Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol, Apa Saja Jenisnya?

Zuratul
Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:34 WIB
Ilustrasi/pixabay R24/zura Ilustrasi/pixabay

RIAU24.COM - Jenis susu yang ampuh untuk menurunkan kolesterol penting untuk Anda ketahui. Yup, susu ternyata bisa jadi 'alat' untuk turunkan kolesterol. 

Tapi, tidak semua produk atau olahan susu punya manfaat ini, karena malah ada jenis susu yang kandungan kolesterolnya tinggi dan Anda harus jauhi itu.

Baca juga: Studi: Olahraga Beban Berat Dapat Menurunkan Risiko Kematian Dini

 

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh, dan juga berasal dari makanan hewani. Kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Dalam kadar yang sesuai, ini sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal, dikutip halodoc, Selasa (9/8/2022). 

Lantas, apa saja 5 jenis susu yang ampuh turunkan kolesterol tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasan selengkapnya:

1. Oat Milk

Susu yang satu ini popularitasnya sedang naik daun. Banyak orang memilih oat milk dibandingkan susu sapi, karena manfaatnya yang dinilai lebih banyak bagi kesehatan.

Oat milk diketahui memiliki serat larut yang tinggi dan ini mendukung penurunan kolesterol. Kandungan beta-glucan yang ada di oat milk juga memainkan peran ganda dalam mengatur metabolisme kolesterol dan kesehatan mikrobiota usus.

2. Susu Kedelai 

Susu jenis ini banyak jadi pilihan mereka yang vegan. Susu kedelai mengandung 80 kalori dan hanya 2 gram lemak per porsi 1 cangkirnya. Dengan kandungan kalori yang rendah, susu ini baik untuk Anda yang punya kolesterol tinggi.

Tapi, susu kedelai rendah protein sehingga Anda yang mengincar protein tinggi pada asupan makanan perlu mempertimbangkan susu ini untuk diminum.

Baca juga: Ikuti Cara Berikut Ini! Langsung Turun Berat Badan Dalam 1 Minggu

3. Susu almond

Susu almond diyakini baik untuk jantung. Tak hanya itu, susu almond juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang dapat menurunkan kolesterol LDL dan membantu menjaga sel tubuh tetap prima. Sama seperti susu kedelai, susu jeni sini pun rendah protein dibandingkan dengan susu sapi.

4. Susu ganja

Kaget dengan poin yang satu ini? Susu ganja di sini mengacu pada susu rami yang mana rami sendiri adalah varietas ganja yang tidak mengandung THC atau bahan psikoaktif yang ada di daun ganja.

Susu rami direkomendasikan untuk Anda yang sedang menstabilkan kadar kolesterol dalam darah karena susu ini sama sekali tidak mengandung kolesterol. Menariknya, susu ini kaya akan kalsium dan magnesium.

5. Susu beras

Tak ada kolesterol di dalam susu ini pun dianggap baik untuk Anda yang sedang mengontrol kolesterol. Tapi, perlu dicatat bahwa susu jenis ini tinggi karbohidrat, jadi kalau Anda membatasi karbohidrat, perlu dipertimbangkan untuk minum susu beras.

Jadi, itu dia 5 jenis susu yang ampuh turunkan kolesterol. Mana dari susu diatas yang sudah pernah kamu konsumsi? Yuk, Berani Sehat!

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...