Pemprov Riau Kembangkan Bawang Merah di Daratan Rendah

Alwira
Kamis, 04 Agustus 2022 | 22:08 WIB
Saat tanam padi R24/wira Saat tanam padi

RIAU24.COM - Ekspose dan tanam Padi Lahan Kering atau Padi Gogo Spesifik Riau diikuti Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di lahan BBI Hortikultura Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Riau Jalan Kaharudin Nasution Pekanbaru, Kamis (4/8/2022).

Baca juga: Tanamkan Jiwa Cinta Alam, PHR Bersama RSF Bina Generasi Muda Sejak Usia Dini

Selain menanam padi gogo varietas Kalpatari R. Samo, Gubri Syamsuar juga melakukan penanaman bawang merah dalam upaya Peningkatan Produktivitas dan Pengembangan Bawang Merah di Dataran Rendah Provinsi Riau dengan varietas Lokananta di lahan kering dan sawah seluas 0.3 hektare.

Kegiatan ini merupakan program yang dilaksanakan atas kerjasama Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Riau dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau.

Dalam arahannya, Gubri Syamsuar mengatakan sangat mendukung program ini karena situasi dan kondisi lahan berbeda masing-masing daerah Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Riau.

Tentunya, kata Gubri bahwa varietas padi yang ditanam di daerah juga harus disesuaikan dengan kondisi lahan yang tersedia. 

"Jadi karena itulah tentunya adanya kegiatan seperti ini kami mendukung," kata Gubri. 

Lebih lanjut, Gubri berharap melalui kegiatan tanam padi ini diharapkan kedepan adanya peningkatan produksi sektor pertanian salah satunya padi yang ada di Provinsi Riau. 

"Terutama itu peningkatannya dalam rangka peningkatan luas tanam dan juga peningkatan produksi," harapnya. 

Oleh karena itu, Gubri mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersama berkolaborasi untuk menggerakkan semua sektor terutama yang ada di Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. 

"Kalau nanti mereka tidak mendukung, rasanya sia-sia juga kita mengadakan kebijakan ini," sebutnya. 

Sementara itu, Kepala BPTP Riau Shannora Yuliasari mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tidak lanjut dari kerjasama antara Dinas PTPH Provinsi Riau dengan BPTP Riau.

Shannora Yuliasari mengatakan bahwa Provinsi Riau adalah daerah dengan agro ekosistem dengan berbagai potensi pengembangan pertanian. Namun peningkatan produksi padi masih berjalan lambat.

Baca juga: Raih 5 Kategori Penghargaan di IOG SKK Migas 2022, PHR Jadi Perusahaan Kontraktor Terbaik

"Untuk peningkatan produksi ini tentunya tidak hanya peningkatan areal tetapi harus diimbangi dengan perbaikan teknologi," tukasnya (ADV)


Gubri Syamsuar
Informasi Anda Genggam


Loading...