Survei: Berita Korupsi Bikin Anak Muda Jauhi Politik

Azhar
Rabu, 10 Agustus 2022 | 23:34 WIB
Koruptor. Sumber: Internet R24/azhar Koruptor. Sumber: Internet

RIAU24.COM - Lembaga KedaiKOPI menyebutkan karena maraknya berita mengenai korupsi, generasi muda Indonesia jadi tak ingin berpolitik.

Kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo, nilai indeks optimisme generasi muda Indonesia di sektor politik dan hukum menunjukkan angka minus 10 persen dikutip dari cnnindonesia.com, Rabu, 10 Agustus 2022.

"Penurunannya paling drastis adalah politik dan hukum dari 28,1 persen pada tahun lalu, kini menjadi -10,2 persen," sebutnya.

Baca juga: PDIP Minta Jokowi Tolak Ajakan Jadi Wapres di 2024

Kunto menambahkan, sektor politik dan hukum mendapatkan nilai indeks optimisme terendah karena masih maraknya isu korupsi.

Isu korupsi menunjukkan angka pesimisme 29,8 persen ketimbang optimisme sebesar 12,1 persen di kalangan generasi muda. Sehingga menghasilkan net index sebesar -17,7 persen.

Anak muda menganggap hukum dan politik merupakan sektor yang perlu ditingkatkan.

Baca juga: Mahfud MD Komentari Omongan AHY Soal Intervensi Negara dalam Kasus Lukas Enembe

Ia juga mengatakan hanya 16 persen generasi muda yang optimis bahwa Indonesia mampu menerapkan sistem pemerintahan yang bersih, baik dan transparan di masa depan.

"Isu korupsi membuat anak-anak muda Indonesia agak pesimis, apakah betul korupsi bisa hilang dari Indonesia atau semakin rendah di Indonesia", ujarnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...