Studi Menunjukkan Air Hujan Tidak Aman Untuk Diminum Langsung Karena Mengandung Bahan Ini...

Devi
Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:04 WIB
Studi Menunjukkan Air Hujan Tidak Aman Untuk Diminum Langsung Karena Mengandung Bahan Ini... R24/dev Studi Menunjukkan Air Hujan Tidak Aman Untuk Diminum Langsung Karena Mengandung Bahan Ini...

RIAU24.COM - Tahukah Anda, ternyata air hujan baik itu yang ada di kota perkotaan atau pedesaan yang tenang ternyata memiliki tingkat 'bahan kimia selamanya' yang tidak aman, ungkap sebuah laporan oleh Euronews.

<a href=Air Hujan Tidak Aman Untuk Diminum Langsung Karena Mengandung 'Bahan Kimia Selamanya' yang Berbahaya, Hasil Studi" src="https://im.indiatimes.in/content/2022/Aug/Facebook-Image---2022-08-10T162122044_62f38f1432e04.jpg?w=725&h=380&cc=1" style="height:380px; width:725px" /> 

Per dan zat poli-fluoroalkil (PFAS) adalah sekelompok bahan kimia buatan manusia yang memiliki reputasi terkenal karena tidak merusak lingkungan, mendapatkan gelar 'bahan kimia selamanya'.

Memiliki sifat anti lengket atau anti noda, mereka dapat ditemukan di barang-barang rumah tangga seperti kemasan makanan, elektronik, peralatan masak dan kosmetik. 

Bahan kimia ini sekarang telah ditemukan di air hujan di sebagian besar planet kita oleh para peneliti Universitas Stockholm. 

Bahan kimia juga telah terlihat di bagian Antartika yang sepi. 

Ini pada dasarnya berarti bahwa mengkonsumsi air hujan secara langsung dapat lebih berbahaya daripada kebaikan.

Faktanya, tingkat pedoman keselamatan untuk beberapa 'bahan kimia selamanya' ini telah turun drastis dalam dua dekade terakhir setelah beberapa penelitian di lapangan. 

Baca juga: Studi: Olahraga Beban Berat Dapat Menurunkan Risiko Kematian Dini

Ian Cousins, penulis utama studi ini menjelaskan, “Telah terjadi penurunan yang mencengangkan dalam nilai pedoman untuk PFAS dalam air minum dalam 20 tahun terakhir. Berdasarkan pedoman AS terbaru untuk PFOA dalam air minum, air hujan di mana-mana akan dinilai tidak aman untuk diminum. Meskipun di dunia industri kita tidak sering minum air hujan, banyak orang di seluruh dunia berharap air itu aman untuk diminum dan memasok banyak sumber air minum kita.”

Beberapa penelitian telah dilakukan yang melibatkan 'bahan kimia selamanya' dengan penelitian yang mengatakan ini dapat dikaitkan dengan masalah yang berhubungan dengan kesuburan, peningkatan risiko kanker serta masalah perkembangan pada anak-anak. 

Namun, ada juga penelitian yang menyatakan bahwa tidak ada sebab dan akibat yang dapat dibuktikan antara bahan kimia ini dan kesehatan yang buruk. 

Namun, pembatasan yang lebih ketat disebut oleh beberapa orang terhadap PFAS.

Air Hujan Tidak Aman Untuk Diminum Langsung Karena Mengandung 'Bahan Kimia Selamanya' yang Berbahaya, Hasil Studi 

Baca juga: Ikuti Cara Berikut Ini! Langsung Turun Berat Badan Dalam 1 Minggu

Dr Jane Muncke, direktur pelaksana Food Packing Foundation di Zurich yang tidak terlibat dalam penelitian ini, menjelaskan, “Tidak mungkin hanya segelintir orang yang mendapat manfaat ekonomi sementara mencemari air minum bagi jutaan orang lain, dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.”

Dia menambahkan, “Jumlah besar biaya untuk mengurangi PFAS dalam air minum ke tingkat yang aman, berdasarkan pemahaman ilmiah saat ini, perlu dibayar oleh industri yang memproduksi dan menggunakan bahan kimia beracun ini.”


Informasi Anda Genggam


Loading...