Sambut HKAN 2022, BBKSDA Riau Gelar Lomba Fotografi di Desa Wisata Buluh Cina

Khairul Amri
Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:32 WIB
Foto. Istimewa R24/amri Foto. Istimewa

RIAU24.COM - KAMPAR - Balai Besar KSDA Riau melakukan kegiatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2022 di TWA Buluh Cina, Rabu, 10 Agustus 2022.

Adapun kegiatan tersebut adalah lomba fotografi, pelepasliaran satwa dan penanaman bibit pohon. 

Satwa yang dilepasliarkan adalah satu ekor elang jenis brontok (Spizaetus cirrhatus), tiga ekor kura kura dengan jenis masing masing dua ekor kura batok (Cuora amboinensis) dan satu ekor kura kura kaki gajah ((Manouria emys) serta tiga puluh perkutut ( Zebra dove) yang seluruhnya adalah merupakan hasil serahan warga.

Baca juga: Wujudkan Ketahanan Pangan, DPD Pemuda Tani HKTI Riau Bersama Kelompok Tani Milenial Riau Tanam Jagung dan Semangka

Pelepasliaran dan penanaman pohon dipimpin langsung Kepala Balai Besar KSDA Riau, Genman Suhefti Hasibuan. Acara dihadiri oleh Ninik mamak Desa Buluh Cina, Kepala Desa Buluh Cina, Danramil, masyarakat Desa Buluh Cina dan peserta lomba fotografi.


Dalam pernyataannya, bapak Genman menyampaikan bahwa serah terima yang dilakukan oleh masyarakat tidak lepas dari upaya sosialisasi yang dilakukan petugas Balai Besar KSDA Riau  di lapangan.

Baca juga: PTAlfatrans Sumber Sejahtera Gelar Buka Bersama dan Bakti Sosial Kepada Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

"Semoga kegiatan ini dapat membangkitkan semangat memulihkan alam secara bersama untuk masyarakat sejahtera, khususnya masyarakat Desa Wisata Buluh Cina," sebutnya.

Ia menjelaskan jenis bibit pohon yang ditanam adalah Gaharu, Trembesi dan Durian di pinggir danau Tanjung Putus

"Kita tadi juga melepas Seekor Elang, Tiga ekor Kura-Kura, 30 ekor burung perkutut. Dan juga menanam bibit Gaharu di danau Tanjung Putus yang merupakan salah satu dari tujuh danau yang ada dalam kawasan konservasi TWA Buluh Cina," ungkapnya.

Untuk perlombaan fotografi diikuti 28 orang dari berbagai kalangan dengan tema Taman Wisata Alam Buluh Cina dan Kearifan Lokal.


Informasi Anda Genggam


Loading...