Kolaborasi Capella Honda dan PT Telkom Akses Riau dalam Beri Keselamatan Kerja

Riko
Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:36 WIB
Foto (istimewa) R24/riko Foto (istimewa)

RIAU24.COM - Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang selanjutnya disingkat K3 adalah segala kegiatan untuk memberikan jaminan keselamatan dan meningkatkan derajat kesehatan para pekerja dengan cara pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja, pengendalian bahaya di tempat kerja, promosi kesehatan, pentothal, dan rehabilitasi. 

Baca juga: Tampil Lebih Sporty, New Honda Vario125 Siap Bikin Bangga Penggunanya

Untuk mewujudkan tujuan K3, PT Capella Dinamik Nusantara (PT CDN) Main Dealer Honda wilayah Riau dan PT Telkom Akses wilayah Riau berkolaborasi mengadakan Program Training Safety Riding untuk karyawan khususnya karyawan yang mobilitasnya menggunakan kendaraan roda dua dalam bertugas. Sebanyak 30 karyawan PT Telkom Akses mengikuti program safety riding ini. 

Helmi Arif selaku HSE PT Telkom Akses wilayah Riau, mengucapkan terimakasih atas kerjasama dari tim Safety Riding PT CDN Riau dalam pelaksanaan training K3 yaitu Training Safety Riding Roda Dua untuk karyawan. Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan hak karyawan pada saat bertugas. Mobilitas menggunakan sepeda motor pada saat bertugas dilapangan berpotensi menyebabkan kecelakaan kerja apabila tidak menerapkan budaya #Cari_aman saat berkendara.

Tercatat dari beberapa kasus kecelakaan kerja yang terjadi paling banyak disebabkan karena kurangnya ketertiban pada saat penggunaan APD berkendara dan prediksi bahaya yang kurang saat di jalan. 

"Harapan kami dengan adanya training ini, peserta bisa meningkatkan kemampuan prediksi bahaya pada saat berkendara, “membiasakan budaya berkendara #Cari_aman seperti penggunaan APD yang lengkap dan  meningkatnya skill individu pada saat berkendara terutama pada saat membawa perlengkapan kerja,"katanya.

Arif Rahman Hakim Instruktur Safety Riding PT CDN Riau dalam pemaparan materinya menyampaikan kemampuan untuk memprediksikan bahaya sangat dibutuhkan pada saat berkendara. Semakin tinggi sensitifitas terhadap bahaya maka semakin besar waktu yang dibutuhkan untuk menghindar dari kecelakaan. 

Untuk mengasah kemampuan dalam memprediksi bahaya bisa berlatih menggunakan alat simulasi Honda Riding Trainer yang tersedia di Dealer Honda dan mengikuti pelatihan safety riding yang diadakan oleh tim safety riding Honda. 

Agar #Cari_Aman pada saat bertugas dilapangan, seorang pengendara juga membutuhan kemampuan dasar. Untuk melatih kemampuan dasar peserta, CDN menyematkan materi praktek tenik dasar berkendara seperti teknik pengereman (panic braking), teknik di slalom course untuk mengenal karakterisktik sepeda motor dan teknik balance statis untuk melatih keseimbangan pada saat berkendara. 

Kunci untuk menguasai teknik balance statis adalah pandangan yang fokus, kemampuan menyeimbangan diri dan kemampuan mengendalikan pikiran. Jika pandangan fokus dan pikiran tenang saya yakin peserta bisa melalui sesi teknik balance statis untuk meningkatkan kemampuan dalam menjaga keseimbangan saat berkendara.

Jonny Winata Sales Manager PT CDN Riau, juga mengungkapkan training dan edukasi safety riding untuk masyarakat adalah salah satu wujud kontribusi Honda dalam membantu pemerintah untuk meminimalisir angka kecelakaan di jalan raya.

Baca juga: BMW Mulai Produksi Sel Bahan Bakar untuk Hidrogen-Listrik X5

Konsisten memberikan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan dengan selalu memproduksi sepeda motor yang dilengkapi teknologi keselamatan, Instruktur Safety Riding yang bersertifikasi dan materi safety riding yang masyarakat butuhkan. Siap membantu Perusahaan/Private company untuk mewujudkan tujuan K3 yakni Zero Accident dengan memberikan pelayanan berupa pelatihan karyawan dengan materi yang disesuaikan kebutuhan. 

“Honda siap memenuhi kebutuhan untuk mewujudkan budaya #Cari_Aman di area kerja, selalu #Cari_aman saat naik motor, ajakan keselamatan berkendara sebagai wujud kontribusi Honda untuk masyarakat Indonesia” tutupnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...