Minum Kopi Sedang Lakukan Diet 'Intermittent Fasting', Apakah Boleh?

Zuratul
Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:24 WIB
Ilustrasi/iStock R24/zura Ilustrasi/iStock

RIAU24.COM - Minum kopi saat melakukan diet intermittent fasting kerap menimbulkan pertanyaan. Karena pola diet ini berhubungan dengan puasa dan pola makan.

Selama beberapa tahun terakhir tren diet dengan metode intermittent fasting terus diminati banyak orang. Sederhananya, pola diet ini mengajarkan orang untuk berpuasa makan dalam periode waktu tertentu.

Waktu berpuasa intermittent fasting ini beragam, ada yang 8 jam hingga 16 jam. Tergantung kondisi tubuh masing-masing. Banyak orang yang mengklaim bahwa pola diet ini efektif untuk menurunkan berat badan, serta membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Baca juga: 1 Oktober: Fakta dan Peristiwa Sejarah Tanggal Ini, Indonesia Rayakan Hari Kesaktian Pancasila

 

Dilansir dari The Manual (15/08), sebenarnya sah-sah saja mengonsumsi kopi ketika periode berpuasa saat melakukan intermittent fasting. Karena pola diet ini orang tetap boleh minum air putih atau teh tawar saja.

Tapi bagaimana dengan kopi? Karena banyak orang yang tak masalah dengan berpuasa dan tidak makan selama periode waktu tertentu, namun mereka tidak bisa lepas dari kopi, terutama di pagi hari.

Jawabannya semua orang yang melakukan diet intermittent fasting boleh minum kopi. Tentunya dengan ketentuan bahwa kopi yang diminum adalah kopi hitam, tanpa campuran gula, krim, susu atau tambahan lainnya yang bisa membuat pola puasa ini menjadi rusak.

Karena seperti yang diketahui selama ini, kopi hitam tanpa pemanis memiliki kalori yang sangat rendah, yaitu nol kalori seperti air putih.

Kopi hitam tetap boleh diminum dengan pemanis alami seperti daun stevia yang nol kalori, karena tidak akan merusak proses diet intermittent fasting.

Sehingga minum kopi hitam di pagi hari masih bisa dilakukan untuk semua orang yang melakukan intermittent fasting.

Baca juga: Siapa itu Chandra Liow yang Diduga Lakukan Kekerasan pada Mantan Kekasihnya Inayma yang Hampir Membunuhnya 

Selain itu kopi juga terbukti mengandung asam klorogenat, yang bisa menurunkan berat badan. Serta mendorong metabolisme tubuh.

Tak ketinggalan manfaat minum kopi hitam secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Tidak hanya itu, kopi juga dapat membantu melawan penyakit degeneratif yang berkaitan dengan usia.

Namun jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, porsi kopi yang dikonsumsi haruslah dikurangi. Kopi juga sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menyebabkan overdosis kafein yang efeknya menyebabkan sakit kepala, jantung berdebar, gangguan pada perut hingga mual dan muntah.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...