Hakim India Menolak Pengaduan Pelecehan Seksual Wanita Karena Dia Mengenakan 'Pakaian Sexy'

Riko
Jumat, 19 Agustus 2022 | 19:12 WIB
Foto (net) R24/riko Foto (net)

RIAU24.COM - Seorang Hakim di India selatan telah memicu kemarahan dengan muncul untuk mengabaikan pengaduan kekerasan seksual karena penuduh mengenakan pakaian "provokatif". 

Baca juga: Rumor Raja Charles III Berencana Mengasingkan Pangeran Harry

Komentar tersebut dibuat dalam dokumen yang menguraikan aplikasi jaminan tersangka pelaku, termasuk gambar yang menunjukkan wanita mengenakan gaun "seksual (sic) provokatif" mengutip independent.co.uk Jumat (19/8/2022).

Hakim pengadilan distrik di Kerala menyatakan "mustahil untuk percaya" bahwa tersangka penyerang, 74, yang cacat, dapat "secara paksa" menarik penuduh ke pangkuannya dan "menekan payudaranya secara seksual", ujarnya sebagaimana dilaporkan CNN.

Dokumen pengadilan menyatakan bahwa dugaan insiden itu terjadi setelah kelompok itu kembali dari pantai di Nandi dan "terdakwa menangkap tangan pengadu cacat dan dengan paksa membawanya ke tempat yang sepi".

“Dia meminta pelapor cacat untuk berbaring di pangkuannya. Setelah itu dia menekannya dan mencoba untuk membuat dia marah," menurut dokumen itu. Penuduh, yang tidak didakwa secara resmi, diberikan jaminan.

Swati Maliwal, ketua Komisi Wanita Delhi, mengecam komentar hakim dan meminta Pengadilan Tinggi Kerala untuk menyelidiki kasus tersebut.

“Kapan pola pikir yang menyalahkan korban pelecehan seksual akan berubah?” Maliwal memposting di Twitter pada hari Rabu.

Itu terjadi setelah pengadilan tinggi Delhi memicu kemarahan di antara para pegiat hak-hak perempuan dengan menolak untuk melarang pemerkosaan dalam pernikahan.

Baca juga: Sertifikat Kematian Ratu Elizabeth II Diterbitkan, Ungkap Penyebab dan Waktu Meninggal

Upaya untuk mencabut pengecualian tersebut, yang menyatakan seks “oleh seorang pria dengan istrinya sendiri, istri yang belum berusia di bawah delapan belas tahun, bukanlah pemerkosaan”, ditolak oleh Hakim C Hari Shankar. (Mer)

 


Informasi Anda Genggam


Loading...