Akankah Kasus Cacar Monyet Bisa Menyebabkan HIV dan Bisakah Virus Menyebar Dari Manusia ke Anjing? Ini Jawaban Dari Para Ilmuwan

Devi
Selasa, 23 Agustus 2022 | 09:20 WIB
Akankah meningkatnya kasus Monkeypox menyebabkan HIV? Inilah yang dikatakan ilmuwan top ICMR R24/dev Akankah meningkatnya kasus Monkeypox menyebabkan HIV? Inilah yang dikatakan ilmuwan top ICMR

RIAU24.COM - Meningkatnya kasus cacar monyet telah meningkatkan kekhawatiran penyakit menular seksual lainnya, dengan HIV menjadi ketakutan utama. 

Seorang ilmuwan papan atas dari Dewan Riset Medis-Institut Virologi Nasional India (ICMR-NIV) pada hari Senin menyatakan bahwa meningkatnya kasus Cacar Monyet tidak akan menyebabkan Human Immunodeficiency Virus (HIV), lapor kantor berita ANI. 

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Penuhi 6 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh agar Tetap Sehat

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan ANI, Dr Pragya Yadav, ilmuwan senior di ICMR-NIV, Pune mengatakan, “Lonjakan kasus cacar monyet tidak akan menyebabkan HIV. Kasus cacar monyet ini akan diuji HIV selama diagnosis terperinci untuk menyingkirkan infeksi menular seksual (IMS) lainnya.” 

Saat membahas potensi pasien cacar monyet tanpa gejala dan pentingnya pemantauan serologis, Dr Yadav mengatakan, “Kasus cacar monyet bisa tanpa gejala. Untuk melakukan studi semacam itu, uji ELISA saat ini sedang dikembangkan.” 

Apakah vaksin cacar efektif terhadap Monkeypox?

Ketika ditanya tentang efektivitas vaksin cacar terhadap Monkeypox, dia mengatakan bahwa vaksinasi cacar adalah 86 persen efektif untuk mencegah monkeypox.

Pada kematian terkait cacar monyet pertama di Kerala

Dr Yadav mengomentari kejadian pertama kematian terkait cacar monyet di Kerala, dengan mengatakan, “Etiologi lain untuk ensefalitis dalam kasus kematian tidak ditemukan dan pasien sudah dipastikan mengidap penyakit tersebut. Oleh karena itu, Monkeypox mungkin menjadi penyebab kematian.”

ICMR memperluas jaringan lab

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa Dewan Penelitian Medis India (ICMR) juga memperluas jaringan laboratoriumnya. “ICMR memperluas jaringan laboratorium untuk meningkatkan kapasitas. Kami sedang dalam proses mengembangkan tes serologis dan bekerja menuju vaksin sesuai dengan minat yang dirilis oleh ICMR, ”katanya.

Baca juga: 3 Jenis Susu Formula, Bebelac Menjadi Favorit

Apakah virus Monkeypox menyebar dari manusia ke anjing?

Menurut sebuah studi baru-baru ini di The Lancet, virus Monkeypox dapat menyebar dari manusia ke anjing, kata Dr Yadav. 

“Laki-laki yang menggunakan rumah yang sama dan tidur berdekatan dengan anjingnya diduga menjadi penyebab penularannya,” tambahnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...