Tahukah Anda, Semakin Sering Anda Memeluk Anak Anda Maka Mereka Akan Semakin Pintar

Devi
Senin, 29 Agustus 2022 | 09:39 WIB
Tahukah Anda, Semakin Sering Anda Memeluk Anak Anda Maka Mereka Akan Semakin Pintar R24/dev Tahukah Anda, Semakin Sering Anda Memeluk Anak Anda Maka Mereka Akan Semakin Pintar

RIAU24.COM - Jika Anda adalah orang tua yang tidak dapat melepaskan tangan dari anak-anak Anda, memeluk mereka setiap saat, maka jangan berhenti – anak-anak Anda akan berterima kasih untuk itu suatu hari nanti.

Menurut penelitian baru, pelukan, sebagai bentuk kasih sayang fisik, selama masa perkembangan bayi, ternyata sangat penting, lebih daripada yang Anda pikirkan. 

Kasih sayang berupa sentuhan yang didapatkan oleh bayi-bayi ini memicu otaknya untuk berkembang, sehingga menjadi lebih pintar.

Baca juga: Suka Ngelawak, 4 Zodiak Ini Paling Humoris

Penelitian yang dilakukan oleh Nationwide Children's Hospital di Ohio mengamati 125 bayi yang lahir prematur dan cukup bulan, dan menganalisis bagaimana sentuhan fisik ringan memengaruhi perkembangan otak mereka, serta persepsi, kognisi, dan perkembangan sosial mereka.

Mereka menemukan bahwa pengalaman yang mendukung, seperti menyusui, perawatan kulit ke kulit, pelukan penuh kasih sayang, dan sejenisnya, memicu respons otak yang kuat yang memungkinkan otak berkembang lebih cepat dan lebih sehat.

Di sisi yang berlawanan, pengalaman menyakitkan, seperti tusukan kulit dan penyisipan tabung, menghambat respons otak terhadap rangsangan sentuhan yang sama.

Dengan kata lain, bersikap lembut dan penuh kasih kepada bayi Anda bukan hanya hal yang manusiawi dan alami untuk dilakukan, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan otak mereka sedemikian rupa sehingga Anda mungkin juga mengatakan bahwa anak Anda akan menjadi lebih pintar.

Dr. Nathalie Maitre, peneliti utama di balik penelitian ini, menjelaskan bahwa aktivitas sederhana ini, memberikan kontak tubuh kepada anak Anda atau mengayunkannya di lengan Anda, membuat perbedaan yang signifikan dalam perkembangan otak mereka.

“Memastikan bahwa bayi prematur menerima sentuhan positif dan suportif seperti perawatan kulit ke kulit oleh orang tua sangat penting untuk membantu otak mereka merespons sentuhan lembut dengan cara yang mirip dengan bayi yang mengalami seluruh kehamilan di dalam rahim ibu mereka,” katanya. menjelaskan kepada Science Daily.

Baca juga: 1 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari AIDS Internasional

Secara keseluruhan, cinta dan kasih sayang adalah kunci perkembangan seseorang di setiap tahap kehidupan. Mulailah lebih awal dan jangan pernah berhenti! Anak-anak Anda akan berterima kasih untuk itu dalam banyak cara. ***


Informasi Anda Genggam


Loading...