Bikin Bangga! Produk UMKM Mi Sagu Instan Boedjang Ikut Festival di Belanda Wakili Riau

Amastya
Senin, 29 Agustus 2022 | 12:01 WIB
Mi Sagu Instan Boedjang, produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asal Desa Gogok, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau akan ikut Festival di Belanda /Antara R24/tya Mi Sagu Instan Boedjang, produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asal Desa Gogok, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau akan ikut Festival di Belanda /Antara

RIAU24.COM - Kuliner lokal Mi Sagu Instan Boedjang, menjadi makanan daerah Riau yang akan tampil di Festival Tong Tong Fair di Amsterdam, Belanda pada awal September 2022 mendatang.

Baca juga: Pesawat Susi Air Dibakar di Papua, Pilot dan Penumpang Dalam Masa Pencarian 

Mi Sagu Instan Boedjang merupakan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asal Desa Gogok, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Diketahui, Mi Sagu Instan Boedjang terpilih dan lolos dari puluhan ribu produk UMKM di Indonesia yang diseleksi oleh tim Kementerian BUMN.

Muhammad Adil selaku Bupati Kepulauan Meranti, mengaku bangga dan akan mendukung penuh Mi Sagu Instan Boedjang tersebut.

Adil berpendapat bahwa ikut sertanya Mi Sagu Instan Boedjang di Festival Tong Tong Fair menjadi salah satu upaya memperkenalkan produk sagu khas daerahnya ke dunia Internasional.

"Untuk itu, Pemkab akan memfasilitasi keberangkatannya untuk mengikuti acara pameran di Belanda itu," kata Adil di Selatpanjang, pada Jumat (26/8) dikutip dari Antara.

Terpilihnya Mi Sagu yang merupakan komoditas utama Kepulauan Meranti di salah satu festival budaya terbesar di dunia itu, membuat Adil berharap agar kuliner khas daerahnya makin dikenal luas.

Ia juga menambahkan harapan, bahwa hal tersebut dapat membawa pada permintaan sagu dari Riau.

"Kalau produk sagu dan turunannya ini telah meningkat, tentu akan berdampak pada jumlah produksi dan otomatis membuka lapangan kerja di Meranti," ujarnya.

Di sisi lain, Praptini sebagai Pemilik Mi Sagu Instan Boedjang, mengaku senang sekali bisa mewakili UMKM Kepulauan Meranti dalam Festival Tong Tong Fair.

Praptini memiliki harapan yang sama dengan Adil, yakni produk UMKM miliknya diharapkan mendapat peminat lebih banyak, baik di skala lokal maupun internasional.

"Saya berharap juga dapat memotivasi pelaku UMKM yang lain di Kabupaten Kepulauan Meranti," tutur Praptini.

Sekedar informasi, selain produk mi sagu kemasan merek Boedjang, Praptini juga menghasilkan produk turunan sagu lainnya seperti kue brownis sagu, stik sagu keju, dan dessert sagu mutiara.

Baca juga: Prilly Latuconsina Buka Suara Usai Diledek Jomblo oleh Kiky Saputri: Bukan Cuma Sekali

Praptini mengemas semua produknya dengan menarik dan telah dilengkapi dengan izin edar.

Sebelum lolos, produk Mi Sagu Instan Boedjang ini diajukan oleh Rumah Kreatif BUMN (RKB) Kepulauan Meranti untuk diseleksi oleh Tim Kementerian BUMN.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...