30 Agustus: Fakta dan Peristiwa Sejarah yang Terjadi Hari Ini

Amastya
Selasa, 30 Agustus 2022 | 08:24 WIB
Fakta dan peristiwa dalam sejarah yang terjadi pada tanggal 30 Agustus /net R24/tya Fakta dan peristiwa dalam sejarah yang terjadi pada tanggal 30 Agustus /net

RIAU24.COM - Tanggal 30 Agustus diperingati sebagai Slinky Day (Hari Tahunan Amerika Serikat) dan International Day of the Disappeared (Hari Orang Hilang Sedunia).

Hari ini adalah hari ke-242 tahun ini, dan dengan hanya 123 hari tersisa di tahun 2022.

Baca juga: 3 Zodiak Ini Punya Kesabaran Tiada Batas, Pribadinya Juga Tegar

Jika hari ini memiliki kepentingan khusus bagi Anda, maka Anda akan senang mengetahui hal-hal apa yang terjadi pada hari ini sepanjang sejarah.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 2015, rapper Kanye West secara terbuka mengumumkan rencananya untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2020? Pengumuman tersebut berlangsung di MTV Video Music Awards.

Tidak hanya itu, berbagai peristiwa dalam sejarah telah terjadi pada 30 Agustus. Berikut daftar fakta dan sejarah yang terjadi pada tanggal hari ini yang telah dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2019

Astronom amatir Gennady Borisov menemukan komet aneh di sistem bintang lain.

Penemuan ini tampaknya menjadi yang kedua dari jenisnya, dan dinamai C/2019 Q4 (Borisov) setelah astronom Ukraina.

Komet itu bergerak sangat cepat sehingga dianggap sebagai penyelundup antarbintang, yang merupakan objek di ruang angkasa yang tidak terikat oleh gravitasi bintang.

2018

Argentina menaikkan suku bunga menjadi 60% untuk mencoba dan mempertahankan Peso.

2017

Novel-novel yang belum selesai dari mendiang penulis Terry Pratchett dihancurkan oleh mesin giling, karena itu adalah keinginan terakhirnya ketika sekarat.

2015

Rapper Kanye West secara terbuka mengumumkan rencananya untuk mencalonkan diri sebagai presiden di MTV Video Music Awards.

2013

Film drama periode ‘12 Years a Slave’ ditayangkan perdana dan memenangkan Film Terbaik di Festival Film Telluride pada tahun 2014.

1993

Masjid terbesar kedua di Afrika resmi dibuka di Casablanca, Maroko.

Masjid bernama Hassan II ini memiliki kapasitas hingga 105.000 orang, dengan 25.000 dapat mengisi masjid bagian dalam dan 80.000 di dalam pekarangan.

1993

Menara Eiffel di Paris menerima 150 juta pengunjung.

1965

Casey Stengel mengumumkan bahwa dia pensiun dari mengelola New York Mets setelah 55 tahun di bisbol.

1918

Fanny Kaplin, seorang Revolusioner Sosialis Yahudi Ukraina, berusaha membunuh Vladimir Lenin.

Kaplin mendekati Lenin saat ia meninggalkan sebuah pabrik di Moskow dan menembaknya tiga kali. Meski terluka parah, Lenin selamat dari serangan itu.

Kaplin menolak menyebutkan kaki tangannya, menyebut Lenin sebagai ‘pengkhianat revolusi,’ dan dieksekusi beberapa hari kemudian.

1850

Honolulu menjadi kota resmi.

Sebelum orang asing datang ke Hawaii, Honolulu dikenal sebagai Kulolia. Namun, pada hari 30 Agustus 1850, Raja Kamehameha III mengubah nama menjadi Honolulu dan menjadikannya ibu kota Kerajaan Hawaii.

Honolulu berarti teluk terlindung, dan nama itu telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menggambarkan lokasi tersebut.

Baca juga: 30 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Peringatan Untuk Semua Korban Perang Kimia

1835

Orang Eropa pertama memulai pemukiman permanen pertama di Melbourne.

Pada hari ini, para kru tiba di atas kapal Enterprize dari Tasmania dan mendirikan Melbourne.

1791

HMS Pandora tenggelam di The Great Barrier Reef setelah pelayaran untuk memburu pemberontak Bounty pada tahun 1790.

Tenggelamnya HMS Pandora dianggap sebagai salah satu kapal karam paling signifikan di belahan bumi selatan.

1682

Kapten William Penn berlayar dari Deal, Inggris, dalam perjalanannya yang terkenal ke Dunia Baru dengan kapalnya yang bernama ‘Welcome’.

Kapten Penn adalah seorang penulis dan kapten kapal ‘Welcome’, yang diawaki 100 orang. Pelayaran ini bertujuan untuk mencapai Dunia Baru. Sayangnya, sekitar sepertiga dari kru meninggal dalam perjalanan karena wabah cacar.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...