Inilah 15 Fakta Tentang Buah Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Amastya
Selasa, 30 Agustus 2022 | 15:22 WIB
Berikut15 Fakta Tentang Buah Jambu Biji yang Jarang Diketahui /Pinterest R24/tya Berikut15 Fakta Tentang Buah Jambu Biji yang Jarang Diketahui /Pinterest

RIAU24.COM - Buah jambu biji diketahui merupakan buah yang cukup asing dan menarik.

Baca juga: 10 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia

Memiliki daging buah yang bewarna merah, jambu biji dikenal dengan nama ‘buah super’ karena mengandung vitamin uang bermanfaat banyak untuk kesehatan dan memiliki rasa yang lezat.

Di balik rasanya yang lezat dan manfaatnya yang banyak untuk kesehatan, berikut 15 fakta tentang buah jambu biji yang telah dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

1. Jambu biji digunakan, dalam beberapa bentuk atau lainnya, untuk mengobati berbagai penyakit termasuk demam, sembelit dan diare, tekanan darah tinggi, hiperkolesterolemia dan disentri.

2. Kayu atau batang jambu biji dihargai di dunia pengasapan daging.

3. Jambu biji mengandung serat 4 kali lebih banyak dari nanas dan 4 kali lebih banyak vitamin C dari jeruk.

4. Jambu biji dikenal karena dagingnya yang lusuh. Di tengah jambu biji terdapat antara 100-500 biji yang dapat dimakan.

5. Jambu biji tumbuh di semak cemara setinggi 20 kaki, dengan bunga putih. Daun semak merupakan sumber pigmen hitam yang digunakan dalam tekstil.

6. Umur tanaman biji dapat mencapai 40 tahun.

7. Daun jambu biji muda direbus untuk dijadikan teh untuk membersihkan luka.

8. Asal usul jambu biji tidak diketahui, tetapi secara tidak resmi klaim tersebut dibuat oleh Amerika Tengah atau Meksiko Selatan.

9. Ada sekitar 150 varietas jambu biji bukan hanya buahnya yang berbentuk lonjong hijau seperti yang kita semua bayangkan.

10. Di El Salvador, kayu semak jambu biji digunakan untuk membuat sisir rambut.

11. India memiliki lebih dari 27.000 ton jambu biji merah muda setiap tahun.

12. Kolombia memiliki resep kuno menggunakan jambu biji, buahnya dibuat menjadi pasta dan dikombinasikan dengan keju dan dimakan dengan roti. Ramuannya terdengar mengerikan tetapi seharusnya nikmat.

13. Jambu biji butuh beberapa saat untuk tumbuh jadi jangan berpikir dalam setahun mereka akan berkembang! Jambu biji rata-rata dapat memakan waktu antara 2 sampai 8 tahun untuk tumbuh sepenuhnya.

Baca juga: 4 Zodiak Dikenal Paling Emosional

14. Pada satu titik dalam mitologi Filipina jambu biji dilarang. Ini berubah ketika seorang anak berdoa kepada para dewa untuk membuat buah yang tidak bisa dimakan itu ternyata lezat sehingga dia bisa memberi makan seorang pengemis.

15. Perkebunan jambu biji terbesar ada di kotamadya Dom Eliseu, Brasil.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak fakta tentang buah kecil yang lezat ini. Semakin Anda menggali sejarah dan menggunakannya di seluruh dunia, semakin banyak keajaiban yang Anda ungkapkan.

(***)

 


Informasi Anda Genggam


Loading...