Eksklusif! Qatar Izinkan Penjualan Bir di Piala Dunia, 3 Jam Sebelum Kick Off

Amastya
Sabtu, 03 September 2022 | 12:53 WIB
Qatar izinkan penjualan bir di Piala Dunia, 3 jam sebelum kick off /Reuters R24/tya Qatar izinkan penjualan bir di Piala Dunia, 3 jam sebelum kick off /Reuters

RIAU24.COM Qatar akan mengizinkan penggemar yang ditilang untuk membeli bir beralkohol pada pertandingan sepak bola Piala Dunia yang dimulai tiga jam sebelum kick off dan satu jam setelah peluit akhir, tetapi tidak selama pertandingan, dikutip dari seorang sumber yang mengetahui rencana turnamen tersebut.

Baca juga: Piala Dunia: Portugal Kalahkan Uruguay 2-0, Jadi Tim Ketiga yang Melaju ke Babak 16 Besar

Budweiser, sponsor utama Piala Dunia dengan hak eksklusif untuk menjual bir di turnamen, akan menyajikan bir di dalam batas tiket yang mengelilingi setiap stadion, tetapi tidak di tribun stadion atau concourse.

Piala Dunia tahun ini adalah yang pertama diadakan di negara Muslim dengan kontrol ketat terhadap alkohol. Hal ini menghadirkan tantangan unik bagi penyelenggara acara yang disponsori oleh merek bir besar dan sering dikaitkan dengan penggemar minum bir.

"Bir akan tersedia ketika gerbang dibuka, yaitu tiga jam sebelum kick off. Siapa pun yang ingin minum bir akan dapat melakukannya. Dan kemudian ketika mereka meninggalkan stadion juga selama satu jam setelah peluit akhir," kata sumber tersebut.

Selain itu sumber tersebut mengatakan, Budweiser akan diizinkan untuk menyajikan bir di bagian zona penggemar utama FIFA di Doha tengah mulai pukul 18:30 hingga 01:00 setiap hari selama turnamen 29 hari, yang dimulai pada 20 November.

Pada turnamen Piala Dunia sebelumnya, bir disajikan di zona penggemar sepanjang hari.

Keputusan tentang di mana dan kapan bir akan dijual kepada penggemar sekarang telah diselesaikan, tetapi harga yang akan dikenakan penggemar untuk bir masih dalam pembahasan.

"Kami bekerja sama dengan FIFA, yang mengelola hubungan dengan otoritas Qatar, untuk memastikan aktivasi kami untuk turnamen dilaksanakan dengan hormat dan sesuai dengan aturan dan peraturan setempat," kata juru bicara pembuat bir Budweiser AB InBev dalam sebuah pernyataan email.

Penyelenggara Piala Dunia Qatar, Komite Tertinggi untuk Pengiriman dan Warisan, tidak menanggapi permintaan komentar tentang kontrol Piala Dunia terhadap alkohol. Kantor media pemerintah Qatar mengarahkan permintaan ke Komite Tertinggi.

Ada empat pertandingan yang dijadwalkan pada sebagian besar hari penyisihan grup turnamen, dengan pertandingan paling awal dimulai pukul 1 siang.

Tidak segera jelas bagaimana Qatar akan menangani penjualan bir sebelum pukul 1 siang. Pertandingan Wales dan Iran pada hari Jumat 25 November, ketika sebagian besar Muslim di Qatar akan berkumpul di masjid untuk sholat Jumat berjamaah.

Qatar saat ini mengharuskan sebagian besar toko dan restoran di negara itu tutup selama salat Jumat.

Pertanyaan telah berputar di sekitar peran alkohol akan bermain di Piala Dunia tahun ini sejak Qatar memenangkan hak menjadi tuan rumah pada tahun 2010. Meskipun bukan negara ‘kering’ seperti tetangga Arab Saudi, mengkonsumsi alkohol di tempat umum adalah ilegal di Qatar.

Pengunjung tidak dapat membawa alkohol ke Qatar, bahkan dari bandara bebas bea, dan mereka tidak dapat membeli alkohol di satu-satunya toko minuman keras di negara itu, di pinggiran Doha. Hanya penduduk asing dengan izin yang dapat berbelanja di sana untuk konsumsi rumah.

Pengunjung dapat minum di beberapa lusin hotel dan klub berlisensi, di mana satu pint bir dapat berharga $18.

Budweiser akan menjual bir non-alkoholnya, Budweiser Zero, di tribun stadion dan tribun penonton selama pertandingan dan di situs penggemar lainnya.

Baca juga: Piala Dunia FIFA 2022: Prediksi pertandingan Belanda vs Qatar, pratinjau, head to head, tabel poin, dan susunan pemain

"Kami selalu menghormati adat dan budaya lokal di pasar tempat kami beroperasi atau menyelenggarakan acara," kata juru bicara AB InBev dalam sebuah pernyataan email.

"Promosi dan aktivasi Budweiser Zero kami selama Piala Dunia FIFA di Qatar akan menargetkan tamu internasional yang datang untuk menikmati dan merayakan sepak bola di situs penggemar," tuntasnya.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...