Harga BBM Naik, Hotman Paris Singgung Uang Pensiun Seumur Hidup DPR: Membebani APBN!

Zuratul
Rabu, 07 September 2022 | 09:10 WIB
Hotman Paris Hutapea Pengacara Kondang Dengan Bayaran Mahal (CNN) R24/zura Hotman Paris Hutapea Pengacara Kondang Dengan Bayaran Mahal (CNN)

RIAU24.COM - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa hari belakang mendapat kritikan dan penolakan dari berbagai lapisan masyarakat. Sejumlah elemen, terutama mahasiswa turun ke jalan menyampaikan keberatan terkait kebijakan naiknya harga BBM.

Kenaikan harga BBM bersubsidi tersebut juga mendapat perhatian dari pengacara kondang Hotman Paris Hutapea baru-baru ini.

Baca juga: Ibu Kandung Dewi Persik Hadir di Polres, Ingin Mengetahui Pelaku Penghina Anaknya

Hotman Paris, melalui video di akun Instagramnya @hotmanparisofficial, turut angkat bicara mengenai naiknya harga BBM bersubsidi.

“Harga BBM naik, alasannya karena pemerintah terlalu berat biayanya membiayai subsidi,” ujar Hotman Paris mengawali videonya. 

Ia nampaknya sadar betul, jika harga BBM naik, maka rakyat yang akan menanggung bebannya karena harga kebutuhan pokok lainnya ikut naik.

Hotman Paris pun mengajukan sebuah usulan yang selama ini nampaknya selama ini belum terpikirkan oleh para pentinggi negara.

Dia lantas mengusulkan agar pemerintah mengalihkan anggaran negara lainnya yang kurang mendesak untuk menutupi subsidi harga BBM, agar harganya tetap bisa ditekan.

Hotman mengatakan bahwa salah satu anggaran yang bisa dialihkan untuk menutupi subsidi harga BBM adalah uang pensiun para anggota DPR/DPRD.

Menurutnya, uang pensiun anggota dewan cukup membebani keuangan negara, karena uang pensiun tersebut diberikan kepada semua anggota dewan selama seumur hidup.

“Di mana substansinya, di mana alasan pembenarannya? (Anggota) DPR atau DPRD mungkin hanya menjabat satu atau dua kali (periode) tapi dia berhak mendapatkan uang pensiun selama seumur hidup, dan itu membebani APBN,” ungkap Hotman.

Baca juga: Kopilot Helikopter Polri Yang Jatuh di Perairan Bangka Belitung Akhirnya Ditemukan

Karena itulah Hotman Paris mengusulkan agar uang pensiun para anggota dewan dipangkas agar bisa dialihkan untuk subsidi harga BBM.

Jika anggaran untuk uang pensiun para anggota dewan dialihkan untuk subsidi harga BBM, maka harga BBM akan kembali turun dan hal tersebut tentunya akan bermanfaat untuk rakyat lebih banyak.

“Tolong pikirkan para anggota DPR dan DPRD pikirkan nasib rakyat,” tegas Hotman Paris.

(***)
 


Informasi Anda Genggam


Loading...