Ekspos Tahapan Pemilu, KPU Riau Gandeng Media

Riko
Rabu, 07 September 2022 | 14:40 WIB
KPU Riau sosialisasi tahapan pemilu kepada awak media R24/riko KPU Riau sosialisasi tahapan pemilu kepada awak media

RIAU24.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menggelar Coffee Morning dengan awak media yang melakukan peliputan di KPU Riau di kantor KPU jalan Gajah Mada Pekanbaru. Rabu (7/9/2022). 

Baca juga: Untuk Urusan yang Seperti Ini, PPP Nilai Jokowi Sudah Hebat

Kegiatan ini dihadiri langsung ketua KPU Riau Ilham M Yasir dan tiga komisioner lainya yakni Firdaus, Abdul Rahman, Nugroho Noto Susanto,Joni Suhaidi. Acara ini diawali pembukaan penyampaian tahapan pemilu dari ketua KPU Riau yang kemudian dilanjutkan komisioner lainnya.

Diungkapkan Ilham kegiatan Coffee Morning ini untuk menyampaikan bahwa KPU pusat secara resmi telah mengumumkan tahapan pemilu 2024 dan pelaksanaanya akan dimulai pada 14 Juni 2022.

Sedangkan ditahun 2022 ini ada 4 agenda besar terkait tahapan pemilu 2024 diantaranya, pertama yakni pendaftaran partai politik yang dijadwalkan berlangsung pada 29 Juli hingga 13 Desember 2022, Kedua, Penetapan Peserta Pemilu dijadwalkan dilaksanakan pada 14 Desember 2022, Ketiga, Pemutakhiran Data Pemilih sedang Keempat, Proses penataan Daerah Pemilihan.

"Keempat agenda itu, menjadi konsen kami karena merupakan agenda terdekat yang harus terlaksana di tahun ini. Maka dari itu dalam mensukseskan hal tersebut tentunya dibutuhkan kolaborasi serta kerjasama dengan semua pihak termasuk awak media agar agenda-agenda KPU dapat kemudian tersampaikan melalui publikasi dan pemberitaan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ilham juga menyampaikan tentang peningkatan pemilih pada Pemilu 2019 yang meningkat dengan partisipasi pemilih mencapai 84 persen. 

"Dan kita optimis pada pileg dan pilpres yang digabung pada pemilu 2024 nanti partisipasi pemilih naik,"terangnya.

Sementara itu, komisioner KPU Nugroho Noto Susanto mengatakan tujuan dilakukan pertemuan ini tidak lain untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang tahapan pemilu.

"Tujuannya dilakukan ini adalah ekspos tahapan pemilu yang sedang berlangsung pada saat ini, seperti tahapan daftar pemilih berkelanjutan, startegi sosialisasi yang kami lakukan, bagaimana rekrutmen badan Ad-hoc, dan perkembangan verifikasi admistrasi yang dilakukan rekan-rekan di KPU kabupaten dan kota,"kata Nugi.

Baca juga: Denny Siregar Ikut-ikutan Komentari Rencanakan Pemerintah Soal Subsidi Motor Listrik Rp6,5 Juta

Nugi berharap dengan adanya pertemuan ini dapat membangun sinergitas dengan KPU yang intensif. Serta dapat mensosialisasikan perkembangan terkini pemilu sesuai tahapan.

"Harapan kami pertemuan ini dapat mensosialisasikan perkembangan terkini pemilu sesuai update terbaru tahapan ini,"ujarnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...