KPK: Belum Menetapkan Tersangka Rasuah Penyelenggaraan Formula E

Zuratul
Selasa, 13 September 2022 | 09:28 WIB
Potret Gedung KPK (Pontas.id) R24/zura Potret Gedung KPK (Pontas.id)

RIAU24.COM 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya buka suara dan menegaskan belum menetapkan tersangka dalam kasus dugaan rasuah penyelenggaraan Formula E. Sebab, kasus ini masih dalam ranah penyelidikan.

Juru Bicara Bidang Penindakan KPK Ali Fikri menepis beredarnya kabar yang menyebutkan adanya tokoh baru yang ditetapkan dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ajang balap mobil listrik itu. Ali menekankan, bahwa hingga kini pihaknya masih menyelidiki kasus itu.

Baca juga: Usai Minta Rizky Billar Ceraikan Lesti Kejora Pinkan Mambo Dikecam Ustadz

"Sejauh ini masih proses penyelidikan berjalan," kata Ali dalam keterangannya, Selasa (13/9/2022).

Ali menegaskan, rumor yang beredar terkait adanya tersangka dalam kasus itu bukan dari pihak KPK. Penetapan tersangka akan diumumkan jika sudah ada bukti yang cukup dan kasus tersebut telah naik pada tahap penyidikan.

Sejauh ini, KPK telah memeriksa sejumlah saksi terkait kasus dugaan rasuah pelaksanaan Formula E di Jakarta. Terbaru, lembaga antirasuah ini melakukan pemeriksaan terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan pada Rabu (7/9/2022).

Baca juga: Begini Kabar Terbaru Lenny Marlina Aktris Tercantik di Era 1970-an

KPK juga sudah memeriksa beberapa tokoh lainnya, yakni mantan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto pada Kamis (16/6/2022). Dia diklarifikasi terkait pengelolaan anggaran untuk penyelenggaraan Formula E.

Selain itu, KPK juga sudah dua kali memeriksa keterangan dari Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. KPK juga telah memeriksa Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI, Anggara Wicitra Sastroamidjojo hingga mantan wakil menteri luar negeri, Dino Patti Djalal. KPK pun telah memanggil Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta untuk dimintai keterangan.

(***)
 


Informasi Anda Genggam


Loading...