25 Fakta Menakjubkan Tentang Android yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Amastya
Kamis, 15 September 2022 | 10:30 WIB
Berikut 25 fakta menakjubkan tentang Android yang mungkin belum anda ketahui /pinterest R24/tya Berikut 25 fakta menakjubkan tentang Android yang mungkin belum anda ketahui /pinterest

RIAU24.COM Android menjadi salah satu smartphone yang banyak digandrungi masyarakat dunia selain Apple. Dikutip androidauthority.com, Android adalah sistem operasi seluler yang telah ada selama hampir 15 tahun.

Baca juga: Musk Sebut Apple Mengancam Akan Memblokir Twitter Dari App Store

Kita terutama akan menemukannya sebagai sistem operasi dasar ponsel dan tablet di seluruh dunia.

Selain itu, sistem operasi lain secara native mendukung aplikasi Android, termasuk Chrome OS dan Windows 11

Dalam artikel ini, kita akan melihat 25 fakta menakjubkan ttang Android yang sukses dan mengesankan dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

1. Pada tahun 2004, OS Android dikembangkan dengan dukungan Google oleh Android Inc. Pada tahun 2005, Google membayar $50 juta untuk OS tersebut.

2. Awalnya OS Android tidak dirancang untuk pasar smartphone, itu sebenarnya dikembangkan sebagai platform kamera digital.

3. Semua versi Android, kecuali Android 1.0 & 1.1, diberi nama berdasarkan confectionary dan desserts yaitu Jelly Bean, Ice Cream Sandwich dan KitKat.

4. Pada bulan November 2007, Google meluncurkan sistem perangkat lunak berbasis Linux; OS Android.

5. Smartphone pertama yang menjalankan Android dirilis pada tahun 2008, HTC Dream atau T-Mobile G1 tergantung pada negara Anda, memiliki keyboard geser.

6. Android memiliki lebih dari satu miliar aktivasi pada perangkat termasuk tablet dan tentu saja smartphone.

7. Rilis Android adalah abjad; Astro, Bender, Cupcake, Donat, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollypop dan Marshmallow.

8. Android sebenarnya open-source yang berarti bahwa individu memiliki opsi untuk memodifikasi kode sumber OS dan produsen dapat menambahkan fitur.

9. Kata 'Android' berarti manusia berpenampilan robot laki-laki.

10. Pada tahun 2010, jam tangan LiveView Sony Ericsson dirilis, perangkat yang terhubung ke ponsel Android untuk menampilkan dan mengontrol hal-hal seperti umpan Twitter, teks, dan pemutar media.

11. Phandroid adalah situs web yang didedikasikan untuk Android apa pun termasuk berita, ulasan, dan forum. Mereka adalah situs web Android khusus pertama dan posting pertama mereka datang pada hari yang sama ketika Google secara resmi mengumumkan Android pada tahun 2007.

12. Di California pada tahun 2003, Andy Rubin, Nick Sears dan Chris White mendirikan Android Inc.

13. Andy Rubin, Co-creator Android, bertanggung jawab atas pemilihan nama. Saat di Apple, Andy diberi nama karena kecintaannya pada robot.

14. NASA bahkan menggunakan Android. Mereka mengirim 2 handset Nexus S yang menjalankan Android Gingerbread ke luar angkasa untuk menguji sensor mereka di orbit di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

15. Android tersedia dalam sekitar 46 bahasa, ini juga berarti aplikasi dapat diproduksi dalam berbagai bahasa untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

16. Toko aplikasi Android ‘Google Play’ memiliki lebih dari 48 miliar pemasangan aplikasi.

17. Android telah bercabang ke perangkat lain seperti Google Glass dan Jam Tangan.

18. Pada CES 2011 Android 3.0 Honeycomb memulai debutnya di Motorola XOOM. Itu sepenuhnya didesain ulang untuk tablet dan tidak pernah berjalan di smartphone. Honeycomb adalah kegagalan besar.

19. Signifikansi Android di pasar ponsel terwujud dengan sempurna pada tahun 2009 ketika Eric Schmidt, CEO Google, terpaksa mengundurkan diri dari dewan direksi Apple karena konflik kepentingan dan ketidakmampuannya untuk terlibat dalam pengembangan Apple dan rencana masa depan.

20. Irina Blok mendesain logo pada tahun 2007, ide umum datang dari pria di pintu toilet.

21. Pada tahun 2015, OS Android berada di 81,61% dari semua Smartphone yang terjual.

22. Pada 2015 ada sekitar 98,5 juta pengguna smartphone Android di AS dan pada 2016 ada 107,7 juta.

23. Rata-rata ada 42,38 juta pengguna unik per bulan yang menggunakan aplikasi Facebook Android.

24. Seperti yang diketahui semua pengguna Android, sebagian besar aplikasi biasanya gratis tetapi harga rata-rata tampaknya hanya $0,06.

25. Logo Android sebenarnya tidak disebut Android, Google secara tidak resmi memanggilnya Bugdroid.

Baca juga: Rayakan Era Jaringan Baru, Collabonation Tour Bersama Isyana Sarasvati, Kunto Aji, dan Tuan TigaBelas Hadir Menyapa Kota Medan

Sistem Android benar-benar merupakan bagian dari teknologi yang mengesankan. Dari sifat open-source hingga kesederhanaan penggunaan, ini menandai semua kotak ketika datang ke OS seluler.

Dengan puluhan juta orang yang menggunakannya, mereka tidak dapat berbuat terlalu buruk untuk diri mereka sendiri di Google.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...