Inilah 22 Fakta Hari Jumat yang Fantastis

Amastya
Jumat, 16 September 2022 | 08:26 WIB
Berikut 25 fakta fantastis mengenai Hari Jumat /pinterest R24/tya Berikut 25 fakta fantastis mengenai Hari Jumat /pinterest

RIAU24.COM Jumat secara luas dianggap sebagai hari terakhir dalam seminggu kerja di seluruh dunia, dan bagi mereka yang bekerja dari Senin hingga Jumat, ini adalah awal dari akhir pekan dan karenanya merupakan hari kerja paling mulia.

Baca juga: 10 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia

Ada beberapa akronim berbeda yang beredar untuk hari Jumat dan ada juga beberapa aturan berpakaian Jumat yang berbeda yang didorong di dunia usaha.

Jumat juga merupakan hari yang identik dengan takhayul setiap kali jatuh pada tanggal 13 setiap bulannya, tetapi tahukah Anda apa yang disebut dengan ketakutan pada hari Jumat tanggal 13?

Atau tahukah Anda dari mana asal nama hari Jumat?

Berikut 22 fakta hari Jumat yang fantastis dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

1. Nama Inggris hari Jumat (Friday) berasal dari bahasa Inggris Kuno Frīġed, yang berarti ‘Hari Frige.’ Hal ini sebagai akibat dari dewi Inggris Kuno Frigg (sebuah interpretasi Anglo-Saxon dari dewi Norse Freya) yang dikaitkan dengan dewi Romawi Venus.

2. Ini sama dalam beberapa bahasa lain, termasuk Frīatag Jerman Tinggi Kuno dan Frietag Jerman Modern, serta Vrijdag dalam bahasa Belanda.

3. Dalam sebagian besar bahasa yang berasal dari bahasa Latin, Friday berasal dari kata "dies Veneris" (hari Venus), seperti ‘Vendredi’ dalam bahasa Prancis, ‘Venerdì’ dalam bahasa Italia, dan ‘Viernes’ dalam bahasa Spanyol.

4. Namun, dalam bahasa Portugis, yang juga merupakan bahasa yang berasal dari bahasa Latin, kata Jumat adalah ‘Sexta-feira,’ yang berarti ‘hari keenam perayaan liturgi’ dan berasal dari bahasa Latin ‘Feria Sexta’ yang digunakan dalam teks-teks keagamaan di mana dilarang menguduskan hari-hari untuk dewa-dewa kafir.

5. Dalam bahasa Jepang, kata Jumat dibentuk dari kata kinsei, yang berarti Venus (yang secara harfiah diterjemahkan sebagai ‘emas + air’), dan yōbi, yang berarti hari.

6. Akronim Amerika yang populer adalah ‘TGIF,’ yang berarti ‘Alhamdulillah Ini hari Jumat.’

7. Di Inggris dan Australia, hari Jumat kadang-kadang disebut dengan akronim ‘POETS Day’, yang merupakan singkatan dari ‘Piss Off Early Tomorrow’s Saturday.’

8. Istilah ‘Friday’s Syndrome’ dan istilah ‘Friday Feeling’ mengacu pada hari Jumat yang sering menjadi hari terakhir dalam seminggu bagi orang-orang sehingga orang merasa lebih santai dan santai pada hari Jumat.

9. Jumat tanggal 13, meskipun dianggap beruntung di beberapa bagian dunia, sering menjadi hari takhayul bagi kebanyakan orang di dunia barat, dan ketakutan pada hari Jumat tanggal 13 dikenal sebagai paraskavedekatriaphobia.

10. Mary-Kate dan Ashley Olsen lahir bersama pada hari Jumat tanggal 13 Juni 1986.

11. Di dunia maritim, memulai pelayaran pada hari Jumat dianggap sangat sial.

12. Banyak tempat kerja perusahaan di Barat memiliki aturan berpakaian ‘Jumat Kasual’ atau ‘Jumat Berdandan’ dimana karyawan tidak diharapkan datang untuk bekerja dalam pakaian bisnis cerdas mereka, tetapi sebaliknya dalam sesuatu yang lebih kasual seperti jeans dan T-shirt.

13. Di beberapa tempat di seluruh dunia, ada juga kejadian yang dikenal sebagai ‘Jumat Country dan Barat’, yang mirip dengan ‘Jumat Santai’, tetapi di mana karyawan akan mengenakan pakaian Koboi daripada pakaian kasual.

14. Di AS, istilah ‘Black Friday’ terkadang mengacu pada hari setelah Thanksgiving, yang secara tradisional merupakan hari pertama musim belanja Natal.

15. Kegilaan ritel yang terlihat di toko-toko di seluruh AS pada Black Friday pertama kali mengakibatkan kematian seorang karyawan ritel pada tahun 2008 ketika, saat membuka pintu untuk 2.000 kerumunan pembeli di Valley Stream, New York, karyawan tersebut diinjak-injak sampai mati oleh kerumunan yang terburu-buru.

16. Sejak itu ada banyak laporan tentang orang-orang yang ditembak, ditikam, dipukuli, diinjak-injak, dan bahkan disemprot merica selama penjualan Black Friday.

17. Dalam astrologi, hari Jumat dihubungkan dengan planet Venus dan dilambangkan dengan simbol planet tersebut.

18. Jumat juga dikaitkan dengan tanda-tanda astrologi Libra dan Taurus.

19. Dalam Kalender Matahari Thailand, biru adalah warna yang diasosiasikan dengan hari Jumat.

20. Dalam agama Kristen, Jumat Agung adalah hari Jumat sebelum Paskah dan memperingati hari penyaliban Yesus.

Baca juga: 4 Zodiak Dikenal Paling Emosional

21. Pada 1719 novel Daniel Defoe Robinson Crusoe, karakter utama bertemu dengan penduduk asli pulau tempat dia terdampar, dengan siapa dia tidak bisa berkomunikasi pada awalnya. Crusoe memanggilnya Jumat karena ini adalah hari dalam seminggu ketika dia bertemu dengannya.

22. Ungkapan "Man Friday" berasal dari karakter Friday dalam novel Robinson Crusoe, dan digunakan untuk menggambarkan asisten pribadi pria yang sangat setia atau kompeten.

Itulah beberapa fakta fantastis mengenai hari Jumat.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...