Segini Suara yang Bakal Diperoleh PDIP Kalau Jagokan Ganjar Maju Nyapres 2024

Azhar
Jumat, 16 September 2022 | 08:42 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Sumber: Bisa Apa R24/azhar Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Sumber: Bisa Apa

RIAU24.COM - Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) selama Agustus 2022 bertajuk 'Siapa Calon Presiden PDIP 2024?' menyebutkan PDIP kemungkinan besar akan menang dalam kontestasi Pilpres 2024 apabila mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres).

Hal ini disampaikan pendiri SMRC Saiful Mujani dikutip dari sindonews.com, Kamis, 15 September 2022.

"Jika yang dicalonkan PDIP adalah Ganjar, harapan bagi PDIP untuk memenangkan pilpres dan kembali memiliki presiden menjadi terbuka," ujarnya.

Baca juga: Survei: Elektabilitas Anies Naik Tajam Mengalahkan Prabowo yang Kini Lagi Terjun Bebas

Katanya, Ganjar paling unggul dan paling kompetitif sebagai capres PDIP apabila dibandingkan dengan Puan Maharani.

Pada Maret 2021 sampai Agustus 2022, pergerakan suara Puan tidak signifikan, dari 0,5% menjadi 1%.

Sementara Ganjar Pranowo bergerak dari 8,8% menjadi 25,5%. Prabowo dari 20% menjadi 16,7%, dan Anies Baswedan dari 11,2% menjadi 14,4%.

Menurut Saiful, kalau kondisinya seperti sekarang, berat bagi PDIP untuk mencalonkan Puan.

Baca juga: Lantik DPD Satkar Ulama, Hiwasi & AMSI Provinsi Bali, Idris Laena Minta Kader Menangkan Golkar dan Airlangga Capres 2024

Karena kalau Puan misalnya bersaing dengan Prabowo dan Anies, data survei menunjukkan Puan tertinggal jauh dan tidak kompetitif.

"Persaingan itu tidak fair karena gapnya terlalu jauh. Kalau Puan harus maju dan PDIP memiliki target untuk menang, maka tantangannya akan sangat berat," sebutnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...