21 September: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari Ini, Kebakaran Hutan Parah di Indonesia Buat Langit Jadi Merah

Amastya
Rabu, 21 September 2022 | 08:00 WIB
Beberapa fakta dan peristiwa yang terjadi pada tanggal 21 September / R24/tya Beberapa fakta dan peristiwa yang terjadi pada tanggal 21 September /

RIAU24.COM - Tanggal 21 September adalah Hari Perdamaian Internasional. Pada tanggal ini kita sudah mencapai hari ke-264 tahun ini! Ada 101 hari tersisa sampai kita mencapai tahun baru.

Baca juga: 3 Zodiak Ini Punya Kesabaran Tiada Batas, Pribadinya Juga Tegar

Hari ini dalam sejarah adalah hari yang sangat penting di banyak bidang termasuk konstruksi, penemuan, sastra, kemerdekaan, dan banyak lagi. Di sini Anda akan mengetahui peristiwa apa yang terjadi pada hari ini yang membuat sejarah.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 2019 kebakaran hutan yang meluas terjadi di Indonesia dan menyebabkan langit menjadi merah di siang hari?

Pada hari yang sama di tahun 1937, penulis Inggris J. R. R. Tolkien merilis bukunya yang mendapat pujian kritis ‘The Hobbit’. Film ini disambut dengan persetujuan hampir universal dan membuka jalan bagi trilogi The Lord of the Rings.

Untuk mengetahui lebih banyak, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 21 September, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2019

Kebakaran hutan yang meluas di Indonesia menyebabkan langit menjadi merah. Kebakaran menghancurkan 800.000 hektar tanah hanya dalam delapan bulan pertama tahun 2019 saja.

2018

Sebuah laporan yang diterbitkan mengklaim bahwa fosil Dickinsonia adalah hewan tertua yang berkeliaran di planet ini.

Laporan tersebut menjelaskan bahwa mereka hidup 558 juta tahun yang lalu, menjadikan mereka salah satu hewan pertama yang hidup di bumi.

2017

Ubur-ubur ditemukan dan menjadi hewan pertama yang diketahui tidur dan tidak memiliki otak.

2016

Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan memberikan $3 miliar untuk memerangi dan mengakhiri semua penyakit.

Sumbangan akan diberikan lebih dari satu dekade untuk penelitian medis lebih lanjut untuk mencoba dan mengakhiri semua penyakit pada akhir abad ini.

2007

Film survival ‘Into the Wild,’ yang dibintangi Emile Hirsch, ditayangkan perdana di Festival Film Roma.

2007

Aktor George Clooney menabrak sepeda motor. Kecelakaan itu terjadi pada pukul 3 pagi, dan ia mengalami patah tulang rusuk dan beberapa goresan.

2004

Rockband Green Day merilis album ketujuh mereka, ‘American Idiot.’

2003

Setelah 14 tahun berada di luar angkasa, pesawat ruang angkasa Galileo milik NASA sengaja dihancurkan di atmosfer Jupiter.

Pesawat ruang angkasa Galileo adalah wahana antariksa yang dirancang untuk mempelajari Jupiter dan bulan-bulannya. Diluncurkan pada 18 Oktober 1989, itu menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang mengorbit planet luar.

Misi Galileo awalnya direncanakan berlangsung delapan tahun tetapi berhasil tetap berfungsi sampai semuanya kehabisan bahan bakar. Hanya karena inilah ia jatuh ke atmosfer Jupiter, karena tidak dapat dikendalikan lagi tanpa bahan bakar.

1964

Malta memperoleh kemerdekaan dari Inggris.

1937

Penulis Inggris J. R. R. Tolkien merilis bukunya yang mendapat pujian kritis ‘The Hobbit.’

1915

Sir Cecil Herbert Edward Chubb menjadi pemilik pribadi terakhir Stonehenge, Wiltshire, Inggris.

Dia membeli reruntuhan itu hanya dengan £ 6.600 dan kemudian menyumbangkannya ke Pemerintah Inggris pada tahun 2018.

1860

Dalam Perang Candu Kedua, pasukan Anglo-Prancis mengalahkan pasukan Tiongkok di Pertempuran Palikao.

Pertempuran memungkinkan pasukan Barat untuk mengambil ibukota Beijing dan akhirnya mengalahkan Kekaisaran Qing.

Baca juga: 30 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Peringatan Untuk Semua Korban Perang Kimia

1776

Kebakaran Besar New York berakhir.

Kebakaran terjadi di West Side New York City, yang terletak di ujung selatan pulau Manhattan. Api menghanguskan antara 10-25% bangunan di kota. Tidak diketahui bagaimana api mulai, tetapi seperti yang terjadi pada hari-hari awal perang revolusioner, diasumsikan bahwa itu sengaja dimulai.

1676

Benedetto Odescalchi terpilih sebagai Paus Innocent XI.

(***)

 


Informasi Anda Genggam


Loading...