Part 1: Prestasi dan Lapor Merah Shin Tae-yong Bersama U-23 Timnas Indonesia 

Zuratul
Kamis, 22 September 2022 | 08:36 WIB
Potret Pelatih Timnas Indonesia Shin Ter-yong asal Korea Selatan (Photo: Goal.com) R24/zura Potret Pelatih Timnas Indonesia Shin Ter-yong asal Korea Selatan (Photo: Goal.com)

RIAU24.COM Shin Tae-yong pelatih asal Korea Selatan, baru-baru ini kembali mempersembahkan prestasi membanggakan bersama Timnas Indonesia U-20. Dia mengantarkan Garuda Asia lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Tak hanya lolos, Shin Tae-yong juga membuat Timnas Indonesia U-20 mampu menjuarai grup F. Muhammad Ferrari cs mampu meraih poin sempurna dalam 3 laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Baca juga: Pelatih Herve Renanrd Dorong Pemain Arab Saudi Buat Sejarah di Qatar 

Namun, itu bukan prestasi pertama yang dipersembahkan oleh Shin Tae-yong untuk pecinta Timnas Indonesia. Sebelumnya, dia juga mengantarkan timnas senior ke putaran final Piala Asia 2023.

Meski memberikan sejumlah prestasi yang mentereng di level internasional, perjalanan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia bukan tanpa kegagalan. Pada awal kariernya di tanah air, dia belum bisa membuat Skuad Garuda berbicara lebih jauh di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sama seperti pendahulunya, Shin Tae-yong juga gagal mempersembahkan gelar juara Piala AFF. Termasuk belum mampu meraih medali emas SEA Games yang sudah lama tidak bisa dibawa pulang Indonesia.

Berikut rapor Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia di sejumlah ajang regional maupun internasional.

Kualifikasi Piala Dunia 2022

Tugas pertama Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia adalah tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Namun, dia hanya memimpin 3 laga setelah menggantikan Simon McMenemy.

Sayangnya, Shin Tae-yong tak mampu memperbaiki performa Timnas Indonesia. Dari 3 laga tersisa, dia hanya mempersembahkan 1 poin dari hasil imbang kontra Thailand.

Selebihnya, Skuad Garuda menjadi bulan-bulanan Vietnam dan Uni Emirat Arab di dua laga sisa. Mereka takluk dengan skor telak 0-4 dan 0-5 dan menjadi juru kunci grup G.

Baca juga: Daftar Tim yang Sudah Dipastikan Lolos dan Tersingkir di Piala Dunia 2022 Qatar 

Kualifikasi Piala Asia U-23 2022

Shin Tae-yong juga gagal mengantarkan Timnas Indonesia untuk melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2022. Garuda Muda disingkirkan Australia dalam laga yang berlangsung di Tajikistan.

Timnas Indonesia yang tergabung di grup G sebenarnya juga akan menghadapi Brunei Darussalam dan China. Akan tetapi, kedua tim mundur, salah satu alasannya karena pandemi Covid-19.

Karena itu, Garuda Muda harus menghadapi Australia dalam dua leg untuk menentukan tim yang lolos. Namun, anak asuh Shin Tae-yong takluk dengan skor 2-3 dan 0-1.

Sea Games 2021 

Mengutip Bola.net, Timnas Indonesia U-23 di bawah asuhan Shin Tae-yong hanya mampu meraih medali perunggu pada ajang SEA Games 2021. Mereka gagal ke final usai takluk dari Thailand.

Timnas Indonesia U-23 bertemu Thailand di semifinal setelah menjadi runner-up grup A. Mereka kalah 1 poin dari tuan rumah dengan mengumpulkan total 9 angka.

Sementara dalam perebutan medali perunggu, Timnas Indonesia U-23 bertemu Malaysia. Garuda Muda keluar sebagai pemenang lewat drama adu penalti.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...