Berdasarkan Hadis, Inilah 3 Jenis Bentuk Jin yang Dapat Dilihat Manusia

Amastya
Jumat, 23 September 2022 | 08:10 WIB
Berikut jenis dan bentuk Jin berdasarkan Hadis yang bisa dilihat manusia /pixabay R24/tya Berikut jenis dan bentuk Jin berdasarkan Hadis yang bisa dilihat manusia /pixabay

RIAU24.COM Jin merupakan satu diantara makhluk Allah yang tidak dapat dilihat langsung oleh mata manusia.

Baca juga: Kamu Suka Mendapatkan Pusat Perhatian? Cek Zodiak Berikut Ini

Sifatnya yang ghaib itulah yang membuat manusia tidak tahu bagaimana bentuk asli dari Jin. Namun, dalam Al-Quran Jin ternyata memiliki jenis dan golongan yang berbeda-beda sama seperti manusia.

Dalam Al-Quran, Allah menjelaskan manusia diciptakan dari unsur tanah sedangkan jin dari api yang sangat panas.

"...Dan kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas." (QS Al-Hijr: 27)

Ayat lain:

"...Dan Kami telah menciptakan jin dari nyala api." (QS Ar-Rahman: Ayat 15)

Tidak hanya manusia, Jin sebagai makhluk juga diperintahkan untuk menyembah Allah yang juga dijelaskan dalam Al-Quran.

Sebagaimana halnya manusia, Jin juga diperintahkan untuk menyembah Allah. Hal ini diterangkan dalam Al-Qur'an. Allah berfirman yang artinya:

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka mengabdi (beribadah) kepada-Ku." (QS Adz-Dzariyat: Ayat 56)

Pada ayat lain, Allah berfirman yang Artinya: "Dan sesungguhnya di antara kami (Jin) ada yang saleh dan ada (pula) kebalikannya. Kami menempuh jalan yang berbeda-beda." (QS. Al-Jinn Ayat 11)

Dalam ayat tersebut, Jin juga menempuh jalan yang berbeda-beda. Ada Jin yang Islam, juga mengerjakan amal saleh dan taat kepada Allah.

Tetapi, Jin juga ada yang tidak beriman dan ingkar kepada perintah Allah. Sehingga mereka ada yang beriman, ada yang fasik, dan ada pula yang kafir, seperti halnya manusia.

Dalam Hadis dijelaskan golongan dan jenis Jin terbagi beberapa jenis atau kategori. Wujud mereka digambarkan berbeda-beda.

Dari Abu Tsa'labah Al-Khasyni mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Jin itu ada tiga jenis, yaitu: (1) Jin yang memiliki sayap dan terbang di udara, (2) Jin yang berwujud ular dan kalajengking, dan (3) Jin yang menetap dan berpindah-pindah." (HR at-Thabrani)

1. Jin Bersayap

Golongan Jin bersayap ini terbang di udara seperti angin kencang. Dalam kisah Nabi Sulaiman disebutkan bahwa Ifrit dari golongan Jin ini dapat memindahkan singgasana Ratu Balqis dari negeri Saba (Yaman) ke Baitul Maqdis (Palestina) dalam sekejap. Golongan jin ini dapat mendahului manusia dalam mencapai ruang angkasa.

2. Jin Berbentuk Ular

Dalam Sunan Abu Dawud diriwayatkan Abu Sa'id al-Khudri, Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallam bersabda: “Beberapa ular adalah Jin. Maka bila ada orang yang melihat salah seorang dari mereka di rumahnya, hendaknya ia memberi peringatan tiga kali. Jika kembali (setelah itu), dia harus membunuhnya, karena itu adalah setan".

Riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda: "Ular-ular itu adalah jin yang mengubah rupa dan bentuknya sebagaimana Bani Israil yang berubah bentuk menjadi rupa monyet dan babi." (HR at-Thabrani)

Baca juga: Kuasa Hukum Lesti Kejora, Beberkan Kondisi Terkini Pasca isu KDRT Terduga Rizky Billar 

3. Jin Berwujud Anjing Hitam

Jin juga sering berubah bentuk atau menjelma menjadi anjing hitam. Dalam satu riwayat Abu Qilabah dari Nabi shollallohu 'alaihi wasallam, berkata: "Sekiranya anjing itu bukan satu ummat niscaya aku memerintahkan pembunuhannya, tetapi aku takut memusnahkan satu ummat. Karena itu bunuhlah setiap binatang hitam (anjing hitam) di antaranya sebab dia adalah jinnya atau dari jinnya." (HR Muslim)

Wallahu A'lam

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...