Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik Jelang Kunjungan Wakil Presiden AS Harris

Zuratul
Minggu, 25 September 2022 | 10:14 WIB
Pemimpin Korea Utara (Photo: AP) R24/zura Pemimpin Korea Utara (Photo: AP)

RIAU24.COM Korea Utara meluncurkan rudal balistik ke laut di lepas pantai timurnya sebelum latihan militer mendatang yang melibatkan pasukan Korea Selatan dan Amerika dan sebuah kapal induk serta kunjungan ke daerah itu oleh Wakil Presiden AS">AS Kamala Harris.

Sebuah rudal balistik jarak pendek ditembakkan tepat sebelum jam 7 pagi dari lokasi yang dekat dengan daerah Taechon Pyongyang Utara, menurut militer Korea Selatan.

Baca juga: Eks Presiden Rusia Dmitry Medvedev Desak NATO Bertobat dan Bubarkan Diri

Menteri Pertahanan Yasukazu Hamada dari Jepang menyatakan bahwa pesawat itu mungkin terbang pada lintasan yang tidak menentu dan bahwa Jepang yakin pesawat itu mencapai ketinggian maksimum 50 km. 

Serta, tidak ada laporan masalah maritim atau lalu lintas udara, menurut Hamada, dan itu di luar zona ekonomi eksklusif Jepang.

Peluncuran terjadi saat USS Ronald Reagan bertenaga nuklir tiba di Korea Selatan untuk mengambil bagian dalam latihan bersama dengan pasukan Korea Selatan dan sebelum perjalanan Harris yang akan datang ke Seoul minggu ini.

Korea Utara telah menyerang latihan bersama sebelumnya oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan sebagai bukti tindakan permusuhan mereka dan menentang resolusi PBB sebagai pelanggaran hak kedaulatannya untuk membela diri dan eksplorasi ruang angkasa.

Baca juga: Impor Eropa atas LNG Rusia melonjak 42% di tengah perang Rusia-Ukraina

Rusia dan China, yang telah mendesak semua pihak untuk menghindari mengambil tindakan yang akan meningkatkan ketegangan regional, juga mengkritik latihan tersebut dan menyerukan pelonggaran sanksi.

Menyusul sejumlah uji coba rudal yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh Korea Utara awal tahun ini, yang termasuk penggunaan pertama rudal balistik antarbenua sejak 2017. 

Amerika Serikat dan Korea Selatan menyatakan mereka akan meningkatkan latihan militer dan menampilkan kekuatan mereka dalam upaya untuk mencegah Pyongyang.

(***)
 


Informasi Anda Genggam


Loading...