Enam Orang Tewas Saat Helikopter Militer Pakistan Jatuh di Balochistan

Devi
Senin, 26 September 2022 | 15:39 WIB
Enam Orang Tewas Saat Helikopter Militer Pakistan Jatuh di Balochistan R24/dev Enam Orang Tewas Saat Helikopter Militer Pakistan Jatuh di Balochistan

RIAU24.COM -  Sebuah helikopter tentara jatuh dalam misi semalam di provinsi Balochistan, Pakistan barat daya, menewaskan enam orang di dalamnya, termasuk dua perwira.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, militer mengatakan helikopter itu jatuh tadi malam selama penerbangan operasional di dekat kota Khost, sekitar 121 kilometer (75 mil) dari ibukota Balochistan, Quetta.

Baca juga: China Bawa Meriam Terbesar Masuk Wilayah Perairan Jepang Di Kepulauan Senkaku

“Sebuah helikopter dalam misi terbang jatuh tadi malam. Enam personel – termasuk dua mayor angkatan darat (keduanya pilot) mengucapkan syahadat dalam kecelakaan itu,” kata pernyataan itu.

Pernyataan tentara itu tidak merinci apa yang menyebabkan insiden itu atau sifat operasi mereka di daerah itu.

Dalam sebuah tweet dalam bahasa Urdu, Perdana Menteri Shehbaz Sharif pada hari Senin menyampaikan belasungkawa dan berdoa untuk para tentara yang meninggal dan keluarga mereka.

Pemimpin oposisi dan mantan menteri informasi federal, Fawad Chaudhry, menuntut evaluasi keamanan helikopter tentara Pakistan.

Baca juga: Gaji PM Malaysia Melebihi Presiden Jokowi? Warganet Kepo dan Soroti Gaji Keduanya

“Penerbangan Heli semakin berbahaya. Ini perlu evaluasi teknik, terlalu banyak crash," cuitnya.

Pihak berwenang mengatakan mereka sedang menyelidiki insiden itu - yang kedua dalam waktu kurang dari dua bulan.

Pada tanggal 1 Agustus, sebuah helikopter tentara jatuh di distrik Lasbela Balochistan selama operasi terkait banjir , menewaskan enam orang termasuk seorang pejabat senior militer.

Balochistan, provinsi terbesar di Pakistan, juga merupakan pusat gerakan separatis berusia puluhan tahun . Berbagai kelompok bersenjata yang berbasis di provinsi tersebut telah mengklaim serangan terhadap pasukan keamanan Pakistan di masa lalu.

Namun, sejauh ini tidak ada kelompok pemberontak yang mengaku bertanggung jawab atas kecelakaan Minggu malam itu. Balochistan juga merupakan komponen kunci dari Inisiatif Sabuk dan Jalan multi-miliar China yang merupakan sekutu Pakistan.  ***


Informasi Anda Genggam


Loading...