Penyakit Jantung pada Dewasa Muda: Bagaimana Mengurangi Risiko Serangan Jantung? Ini Jawaban Para Pakar

Devi
Rabu, 28 September 2022 | 10:18 WIB
Penyakit Jantung pada Dewasa Muda: Bagaimana Mengurangi Risiko Serangan Jantung? Ini Jawaban Para Pakar R24/dev Penyakit Jantung pada Dewasa Muda: Bagaimana Mengurangi Risiko Serangan Jantung? Ini Jawaban Para Pakar

RIAU24.COM - Penyakit jantung sering disebut sebagai penyakit yang dihadapi oleh kelompok usia yang lebih tua. Namun, selama beberapa tahun terakhir, pergeseran rata-rata usia serangan jantung telah diamati di mana jumlah serangan jantung di antara orang-orang di kelompok usia muda meningkat 2% per tahun antara tahun 2000 dan 2016. 

Kesehatan jantung kita adalah cermin. kesehatan kita secara keseluruhan, dan kesehatan jantung yang buruk terkait dengan penyakit lain termasuk diabetes, kolesterol, dan masalah hati.Jantung yang buruk merupakan indikator otomatis dari tubuh yang tidak sehat dan, perilaku menetap ditambah dengan tidak aktif bertanggung jawab untuk meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang dewasa muda. 

Kurang tidur, stres, kecanduan obat-obatan atau merokok dan terlalu banyak mengonsumsi kalori adalah penyebab tambahan serangan jantung. Setelah kondisinya menjadi serius, rawat inap diperlukan agar pasien dapat menerima perawatan sepanjang waktu dan dipantau secara ketat untuk pemulihan yang lebih cepat. 

Orang dewasa muda dapat melindungi hati mereka dan memastikan masa depan yang lebih sehat dengan meminimalkan faktor risiko dan menjaga hati mereka. 

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Penuhi 6 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh agar Tetap Sehat

Pravin Kahale, Konsultan, Kardiologi, Rumah Sakit Kokilaben Dhirubhai Ambani, Mumbai berbagi beberapa saran untuk mengurangi kemungkinan serangan jantung di usia muda. 

6 CARA MELINDUNGI JANTUNG SEJAK MUDA MUDA

Turunkan tekanan darah Anda
Bahkan tekanan darah yang sedikit meningkat pada akhirnya dapat menyebabkan masalah jantung. 
Oleh karena itu, memeriksakan tekanan darah Anda setidaknya setahun sekali sangat penting.

Hindari merokok
Merokok tidak hanya merusak paru-paru, tetapi juga meningkatkan peluang Anda terkena serangan jantung! Perokok memiliki dua sampai empat kali lipat peningkatan risiko penyakit jantung.

Kelola berat badan dan diet
Pertahanan terbaik melawan obesitas dan penyakit jantung adalah diet yang baik dan olahraga teratur. 

Diet kaya nutrisi dengan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, unggas, ikan dan kacang-kacangan bersama dengan setidaknya 150 menit aktivitas fisik setiap minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Memahami berbagai jenis makanan yang akan membantu kita sangat penting. Makanan olahan adalah salah satu musuh terburuk tubuh kita. 

Misalnya, ketika memutuskan antara minyak dan ghee, orang akan lebih memilih ghee karena minyak mengandung tambahan lemak olahan. 

Anda harus memasukkan salad dalam diet Anda karena mereka mengisi Anda dan mengandung banyak vitamin, mineral mikro, dan antioksidan yang baik untuk tubuh Anda. Selain itu, makanan yang mengandung banyak garam tidak disarankan. 

Diet DASH, yang mendorong konsumsi sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak, produk susu, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan, telah direkomendasikan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia). Diet ini bermanfaat bagi kesehatan umum dan hipertensi kita.

Baca juga: 3 Jenis Susu Formula, Bebelac Menjadi Favorit

Kelola kadar kolesterol
Risiko penyakit jantung meningkat seiring dengan tingginya kadar kolesterol. Penyebab utamanya adalah pola makan tinggi makanan olahan dan gula. Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Kelola latihan Anda
Diet protein tinggi untuk membangun otot dengan asupan air yang lebih sedikit dikombinasikan dengan larut malam mengatur ulang jam biologis dan memengaruhi metabolisme. Ini meningkatkan risiko pembentukan gumpalan darah di arteri jantung, yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Hindari kurang tidur
Otak dan otot perlu istirahat setidaknya tujuh jam setiap hari untuk membangun kembali dan menghilangkan stres dan kelelahan. Tiga elemen utama untuk tetap sehat dan menjaga kesehatan adalah diet, obat-obatan, dan olahraga. 

Namun, kita sering melupakan makanan dan olahraga demi berkonsentrasi hanya pada pengobatan. 

Cara obat bekerja dan menyembuhkan tubuh adalah melalui diet seimbang dan olahraga yang konsisten. 

Merawat jantung Anda sebagai seorang dewasa muda tidak hanya melindungi jantung Anda sekarang tetapi juga memastikan masa depan yang lebih sehat. ***


Informasi Anda Genggam


Loading...