Tok, AHY Coret Nama Lukas Enembe dari Kursi Ketua Demokrat Papua

Azhar
Kamis, 29 September 2022 | 16:51 WIB
Lukas Enembe. Sumber: AP News R24/azhar Lukas Enembe. Sumber: AP News

RIAU24.COM - Partai Demokrat mencopot Gubernur Papua Lukas Enembe dari kursi Ketua DPD Demokrat Papua.

Aksi ini dilakukan usai penetapan Lukas sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikutip dari republika.co.id, Kamis, 29 September 2022.

"Selama proses itu berjalan, mengingat Pak Lukas berhalangan untuk melaksanakan tugasnya atau non-aktif, maka kami menunjuk Saudara Willem Wandik sebagai pelaksana tugas (Plt) DPD Partai Demokrat Provinsi Papua," sebut Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca juga: Survei: Elektabilitas Anies Naik Tajam Mengalahkan Prabowo yang Kini Lagi Terjun Bebas

Katanya, Pencopotan Lukas sudah sesuai dengan Pasal 42 Ayat 5 AD/ART Partai Demokrat.

AHY lalu menegaskan, Partai Demokrat menghormati dan mendukung proses hukum yang sedang berjalan.

"Kami hanya bermohon agar hukum ditegakkan secara adil, jangan ada politisasi dalam prosesnya. Juga, mari kita hindari trial by the press," ujar AHY.

Baca juga: Lantik DPD Satkar Ulama, Hiwasi & AMSI Provinsi Bali, Idris Laena Minta Kader Menangkan Golkar dan Airlangga Capres 2024

Namun jika nanti Lukas terbukti tidak bersalah, yang bersangkutan dapat diangkat kembali pada jabatannya. Hal itu sesuai dengan Pasal 42 Ayat 6 anggaran dasar Demokrat.

"Tetapi jika terbukti bersalah, sesuai dengan Pakta Integritas yang telah ditandatangani, maka kami akan mengangkat ketua definitif melalui mekanisme Musyawarah Daerah Luar Biasa," sebutnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...