30 September: Fakta dan Peristiwa Sejarah Hari Ini, G30S PKI Terjadi di Indonesia

Amastya
Jumat, 30 September 2022 | 08:07 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 30 September /companieshouse.gov.uk R24/tya Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 30 September /companieshouse.gov.uk

RIAU24.COM - Tanggal 30 September adalah Hari Penerjemahan Internasional. Tanggal ini adalah hari ke 273 dalam setahun dan tersisa 92 hari lagi sampai kita di akhir tahun.

Baca juga: 10 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia

Hari terakhir bulan September telah memiliki bagian yang adil dari peristiwa-peristiwa penting, tetapi kami di sini hari ini untuk melihat tidak hanya ini, tetapi peristiwa sejarah lainnya yang membuat hari ini begitu unik.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini pada tahun 1965, peristiwa sangat kelam terjadi dalam sejarah Indonesia dimana ibu pertiwi kehilangan 6 TNI AD dan 1 Perwira setelah dibunuh dan dimasukkan ke dalam lubang buaya.

Tidak hanya itu, masih banyak fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 30 September di seluruh dunia:

2019

Gunung es super besar memisahkan diri dari Antartika. Itu terjadi di Amery Ice Shelf, dimana 315 miliar ton yang luar biasa hanyut dari benua itu.

2004

Untuk pertama kalinya, para ilmuwan menangkap gambar cumi-cumi raksasa hidup di lingkungan alaminya. Cumi-cumi raksasa hidup adalah invertebrata terbesar di dunia dan diperkirakan berukuran 26 kaki.

1994

NASA meluncurkan pesawat ulang-alik Endeavour dari Kennedy Space Center di Mission STS-68.

Peluncuran awalnya ditetapkan untuk 18 Agustus tetapi harus dibatalkan 1,9 detik setelah tiga mesin utama pesawat ulang-alik menyala. Peluncuran didorong kembali ke Oktober tetapi kemudian dimajukan lagi ke akhir September setelah tiga mesin utama dari pesawat ulang-alik lain digunakan untuk menggantikan mesin utama Endeavour.

1993

Gempa Latur berkekuatan 6,4 skala Richter di India menewaskan hampir 10.000 orang. Gempa bumi dimulai pada pukul 03.56 pagi waktu setempat di kedalaman 6,2 mil dan menyebabkan kerusakan setara dengan $1,3 miliar.

1968

The Supremes merilis single hit mereka ‘Love Child.’ Lagu ini mencapai nomor satu di Billboard Hot 100 antara 30 November dan 7 Desember 1968.

1965

Terjadi peristiwa paling kelam bagi sejarah Indonesia yaitu G30S PKI, dimana dibunuhnya 6 TNI AD dan 1 Perwira TNI AD dan mayat mereka ditemukan di lubang buaya.

Sampai saat ini fakta dan kebenaran dari peristiwa ini masih menjadi pembicaraan dan menimbulkan konspirasi-konspirasi dalam masyarakat Indonesia.

1960

Sitkom animasi Amerika ‘The Flintstones,’ yang meromantisasi Zaman Batu memulai debutnya di ABC.

1955

Aktor Hollywood James Dean meninggal pada usia 24 tahun. Pada hari ini, dia sedang bepergian ke kompetisi balap mobil sport di California ketika dia terlibat dalam kecelakaan mobil fatal di persimpangan California State Route 41.

1954

Angkatan Laut AS menugaskan USS Nautilus, yang menjadi kapal selam nuklir pertama di dunia.

1920

Times Square Theater dibuka dengan kapasitas 1.032 orang.

1888

Jack the Ripper membunuh korban ketiga dan keempatnya, Elizabeth Stride dan Catherine Eddowes.

1846

Anestesi digunakan untuk pertama kalinya pada pasien gigi oleh Dr. William Morton.

1791

Opera terakhir Mozart, ‘The Magic Flute,’ ditayangkan perdana di Wina.

1399

Parlemen secara resmi mencalonkan Henry IV sebagai penerus Richard II dan memproklamasikannya sebagai raja Inggris. Ia secara resmi dinobatkan sebagai raja pada 13 Oktober 1399.

Baca juga: 4 Zodiak Dikenal Paling Emosional

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 30 September.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...