Dandim Bengkalis Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Dahari
Sabtu, 01 Oktober 2022 | 10:22 WIB
Dandim Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto saat ziarah makam pada hari jadi ke 510 Bengkalis R24/hari Dandim Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto saat ziarah makam pada hari jadi ke 510 Bengkalis

RIAU24.COM -BENGKALIS - Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto beserta jajarannya memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu 1 Oktober 2022 pagi, di lapangan upacara Makodim 0303 Jalan Bantan, Desa Senggoro.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini bertemakan, Bangkit Bergerak Bersama Pancasila. Upacara tersebut ditandai dengan mengheningkan cipta dan pembacaan teks Pancasila, pembukaan UUD 1945 serta ikrar.

Baca juga: Ikut Rayakan HUT PGRI Ke-77 Bersama Guru di Bengkalis, Kapolres : Hormati dan Sayangilah Guru

Sementara Letkol Inf Endik Yunia Hermanto usai upacara mengatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila tak terlepas dari peristiwa sejarah bangsa indonesia.

“Tentunya kita tahu bahwa pada hari ini, 57 tahun yang lalu, telah terjadi pengkhianatan Pancasila oleh Gerakan 30 September. Dan pancasila masih tetap menunjukkan kekuatan dan kesaktiannya, sehingga ini kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila,” ungkap Letkol Inf Endik Yunia Hermanto.

Menurutnya, pancasila bagi bangsa Indonesia merupakan ideologi dan pedoman hidup yang harus dijadikan sebagai landasan moral di dalam berpikir, bersikap, dan berperilaku serta menjiwai dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Wakil Ketua I DPRD Bengkalis Minta Pemprov Riau Diminta Serius Dalam Pengelolaan SDA

“Pancasila merupakan ideologi yang harus kita pahami, dan kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kita akan menjadi bangsa Indonesia yang mampu memahami Pancasila, mampu memahami kebhinnekaan dalam keberagaman, serta harus mampu menjadi warga negara Republik Indonesia yang baik,” pungkasnya.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...