Elon Musk Mempratinjau Robot Humanoid 'Optimus' Saat Acara Hari AI di Kantor Tesla

Amastya
Sabtu, 01 Oktober 2022 | 11:39 WIB
Elon Musk Mempratinjau robot humanoid 'Optimus' saat acara hari AI di kantor Tesla /Reuters R24/tya Elon Musk Mempratinjau robot humanoid 'Optimus' saat acara hari AI di kantor Tesla /Reuters

RIAU24.COM Elon Musk, CEO Tesla, mengatakan pada hari Jumat bahwa robot humanoid yang sangat ditunggu-tunggu 'Optimus' akan menelan biaya sekitar $ 20,000 tetapi memperingatkan bahwa itu masih jauh dari berfungsi sepenuhnya.

Baca juga: Keluarga Matic Honda Hadir di Honda AT Family Day

Pada acara ‘AI Day’ Tesla, yang diselenggarakan di kantor pusat Tesla di Palo Alto, California, Musk mengatakan bahwa Optimus masih membutuhkan banyak pekerjaan untuk disempurnakan dan dibuktikan.

Robot humanoid yang ada, menurut Musk, ‘kehilangan otak’ dan kapasitas untuk menghasilkan solusi sendiri. Sebaliknya, dia menegaskan, Tesla akan bercita-cita untuk membangun jutaan Optimus yakni robot yang sangat mumpuni. Dia menyatakan bahwa dia pikir itu hanya akan menelan biaya sekitar $ 20,000.

Pada Februari lalu, Tesla mengklaim telah membuat prototipe robot. Pada hari Jumat, prototipe pertama itu muncul untuk menyambut pertemuan itu, dan Tesla memutar videonya melakukan pekerjaan mudah seperti menyirami pabrik, memindahkan kotak, dan mengangkat batang logam di stasiun produksi di fasilitas perusahaan california.

Pejabat Musk dan Tesla sepakat bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membangun robot berbiaya rendah yang diproduksi secara massal yang dapat menggantikan orang-orang di tempat kerja.

Pembuat mobil lain telah menciptakan prototipe robot humanoid yang mampu melakukan tugas-tugas kompleks seperti menembak bola basket, termasuk Toyota Motor dan Honda Motor. Robot produksi dari ABB dan pabrikan lain adalah pokok dari industri mobil.

Namun, Tesla adalah satu-satunya perusahaan yang mendorong pasar untuk robot pasar massal yang dapat digunakan dalam manufaktur.

Anggota staf menyeret bot Tesla generasi berikutnya ke atas panggung. Ini akan menampilkan bagian-bagian yang dibuat oleh Tesla, termasuk sistem chip, aktuator untuk anggota tubuhnya, dan paket baterai 2,3 kWh yang dibawa dalam tubuhnya. Ini dimaksudkan agar robot memiliki berat 73 kg.

Menurut Musk, tujuan dari acara tersebut adalah untuk mempekerjakan staf, dan para insinyur di atas panggung melayani audiens teknis.

Mereka menggambarkan bagaimana Tesla menciptakan tangan robot dan menguji kemampuan robot untuk jatuh di wajahnya tanpa putus menggunakan teknologi simulasi kecelakaan.

Baca juga: Alasan Ini Bikin Ghana Pilih Bayar Impor Minyak Pakai Emas Dibanding Dolar AS

Musk, yang sebelumnya telah membahas bahaya AI, mengklaim bahwa meluasnya penggunaan robot dapat mengubah peradaban dan mengantarkan masa depan yang berlimpah, masa depan tanpa kemiskinan.

Namun dia menambahkan bahwa dia merasa sangat penting bahwa pemegang saham Tesla memiliki peran dalam meninjau upaya perusahaan.

(***)

 

 


Informasi Anda Genggam


Loading...