Zelensky: Keberhasilan Tentara Ukraina 'Tidak Terbatas Pada Lyman', Klaim Pasukan Bebaskan Kota Kherson 

Zuratul
Senin, 03 Oktober 2022 | 10:50 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (CNNIndonesia) R24/zura Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (CNNIndonesia)

RIAU24.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada hari Minggu (2 Oktober) bahwa keberhasilan tentara negara itu tidak terbatas pada merebut kembali Lyman karena dia mengatakan bahwa beberapa kota di wilayah Kherson juga telah dibebaskan. 

"Kisah pembebasan Lyman di wilayah Donetsk kini menjadi yang paling populer di media. Tapi keberhasilan tentara kita tidak terbatas pada Lyman," kata Zelensky dalam pidato malamnya seperti dilansir kantor berita Reuters. 

Baca juga: TNI Gelar Simulasi Jika Terjadi Gempa Super Kuat di Lombok Tengah

Menurut Zelensky, militer Ukraina telah membebaskan pemukiman kecil Arkhanhelske dan Myrolyubivka di daerah Kherson. Dia berterima kasih kepada unit-unit tentara atas "keberhasilan" mereka dan juga untuk membedakan diri mereka di garis depan. 

"[Saya berterima kasih] kepada para prajurit brigade ke-129 dari negara asal saya Kryvyi Rih, yang membedakan diri mereka dengan hasil yang baik dan membebaskan, khususnya, Arkhanhelske dan Myrolyubivka," kata Zelensky.

Penculikan kepala pembangkit nuklir Ukraina

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa penculikan direktur jenderal fasilitas tenaga nuklir yang diduduki Rusia di wilayah Zaporizhzhia adalah tindakan terorisme Rusia. 

Sesuai laporan, Ihor Murashov ditahan oleh patroli Rusia pada hari Jumat (30 September). Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengklaim Rusia telah mengkonfirmasi tindakan tersebut. 

Baca juga: Kapolda Sumbar Komitmen Bakal Berantas Jaringan Tambang Liar

Kepala pengawas nuklir PBB juga menyerukan pembebasan Murashov, dan menyatakan bahwa penahanannya merupakan ancaman bagi keselamatan dan keamanan. 

badan tersebut mentweet pada Sabtu malam: "Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi menyatakan harapan bahwa Tuan Murashov akan kembali ke keluarganya dengan selamat dan segera dan akan dapat melanjutkan fungsi pentingnya di pabrik." 

(***)
 


Informasi Anda Genggam


Loading...