Gejala Menopause Dan Tips Kesehatan: 4 Cara Mudah Tetap Sehat Selama Menopause

Devi
Selasa, 04 Oktober 2022 | 11:37 WIB
Gejala Menopause Dan Tips Kesehatan: 4 Cara Mudah Tetap Sehat Selama Menopause R24/dev Gejala Menopause Dan Tips Kesehatan: 4 Cara Mudah Tetap Sehat Selama Menopause

RIAU24.COM Menopause memiliki dampak tertentu pada setiap wanita dengan cara yang berbeda. Anda dapat melewatkan satu atau lebih periode sama sekali atau mengalami periode terlambat. Jumlah darah menstruasi juga dapat berubah. Menopause ditandai dengan tidak adanya menstruasi selama satu tahun. 

Bagi banyak wanita, Menopause disertai dengan sejumlah gejala, seperti menstruasi yang tidak teratur, hot flashes, berkeringat, sulit tidur, perubahan suasana hati, lekas marah, nyeri pinggul dan punggung, dan banyak lagi.

Baca juga: 5 Kesalahan Menggunakan Peralatan Masak Anti Lengket

EMPAT TIPS UNTUK TETAP SEHAT SELAMA MENOPAUSE :

1. Pertahankan diet seimbang
Nutrisi yang baik adalah pengubah permainan untuk mengelola gejala Menopause dari hot flashes hingga kembung.

Makanan yang harus disertakan dalam diet Anda adalah:

* Buah-buahan dan sayuran: Ini penuh dengan vitamin, mineral dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh Anda. Anda tidak bisa salah dengan sayuran musiman dan buah-buahan segar.
* Makanan kaya serat: Makanan berserat tinggi seperti sayuran hijau, kacang merah dan biji-bijian juga dapat mendukung kesehatan yang lebih baik. Produk susu dan makanan yang kaya asam lemak omega-3 adalah sumber nutrisi yang baik.

Makanan yang harus dihindari dalam diet Anda adalah:
* Daging berlemak dan makanan olahan: Makanan cepat saji atau gorengan, camilan olahan, dan daging tinggi sodium, membuat Anda merasa kembung. Makanan ini juga dapat mempengaruhi kadar kolesterol atau meningkatkan risiko penyakit jantung. Juga, makanan pedas dapat memicu gejala seperti hot flashes.
* Alkohol: Moderasi adalah kuncinya. Konsumsi alkohol secara teratur dapat menyebabkan gejala menopause yang meningkat, masalah tidur dan masalah kesehatan mental yang meningkat.
* Kafein: Tendangan kafein membuat Anda lebih mungkin mengalami hot flash. Disarankan untuk beralih ke minuman hangat alternatif.

2. Tetap Aktif
Olahraga teratur dapat menjaga tulang Anda tetap kuat, memperbaiki suasana hati, dan memerangi gejala seperti penambahan berat badan saat tubuh Anda berubah. Anda dapat mencoba aktivitas berikut:

* Kardio: Aktivitas aerobik atau kardio termasuk aktivitas ketahanan yang mendorong Anda untuk menggunakan otot-otot besar Anda. Anda dapat memulai dengan 10 menit sehari jalan cepat, joging, berenang, berlari, bersepeda, atau bahkan menari, dan tingkatkan intensitasnya sambil berjalan.
* Latihan Kekuatan: Mengangkat dumbel atau menggunakan mesin beban dapat membantu memperkuat otot dan tulang Anda, sekaligus mengurangi lemak tubuh
* Yoga: Pose yoga dari restoratif dan suportif hingga power yoga - juga merupakan sumber yang baik untuk meredakan gejala yang ditargetkan, membantu merilekskan tubuh. Dipasangkan dengan meditasi atau latihan pernapasan, ini juga dapat mendorong relaksasi dan perhatian.

Baca juga: 10 Posisi Tidur Kucing dan Artinya yang Perlu Diketahui

3. Kesehatan Jiwa
Kesehatan emosional dan mental dapat dipengaruhi oleh perubahan hormonal selama perimenopause atau Menopause. Wanita yang melalui tahap ini mungkin menunjukkan gejala, termasuk insomnia, kecemasan, imobilitas, kelelahan, stres atau depresi. Sebagian besar gejala dapat dikendalikan dengan mengubah gaya hidup seseorang. 

Gejala-gejala ini dapat dikurangi dengan olahraga, kebiasaan makan yang sehat, minum banyak air, dan teknik relaksasi untuk tidur nyenyak. Temukan apa yang cocok untuk Anda dan buatlah tujuan yang realistis dan dapat dicapai.

4. Konsultasikan Dengan Dokter
Gangguan penyerta, seperti osteoporosis dan penyakit jantung, yang lebih mungkin terjadi pada wanita menopause, dapat dicegah dengan menjaga kesehatan yang baik. Selain itu, ada berbagai pilihan terapi untuk gejala Menopause, seperti terapi hormonal menopause, yang dapat membantu menjaga kadar estrogen tubuh Anda stabil dan mengendalikan gejala. 

Jika Anda mengalami gejala yang mengkhawatirkan Anda, selalu disarankan untuk mengunjungi dokter. ***


Informasi Anda Genggam


Loading...