Dalam Kemajuan Terbesar Sejak Perang Dimulai, Pasukan Ukraina Menembus Pertahanan Rusia Di Selatan

Devi
Selasa, 04 Oktober 2022 | 11:49 WIB
Dalam Kemajuan Terbesar Sejak Perang Dimulai, Pasukan Ukraina Menembus Pertahanan Rusia Di Selatan R24/dev Dalam Kemajuan Terbesar Sejak Perang Dimulai, Pasukan Ukraina Menembus Pertahanan Rusia Di Selatan

RIAU24.COM Pasukan Ukraina mencetak lebih banyak keuntungan dalam serangan balasan mereka di setidaknya dua front Senin, maju di daerah-daerah yang Rusia coba serap dan menantang upaya Moskow untuk melibatkan pasukan baru dan ancamannya untuk mempertahankan daerah-daerah yang tergabung dengan segala cara. 

Dalam terobosan terbaru mereka, pasukan Ukraina menembus pertahanan Moskow di wilayah Kherson selatan yang strategis, salah satu dari empat wilayah di Ukraina yang sedang dicaplok Rusia.

Baca juga: China Bawa Meriam Terbesar Masuk Wilayah Perairan Jepang Di Kepulauan Senkaku

Pasukan Kyiv juga mengkonsolidasikan keuntungan di timur dan medan perang utama lainnya, membangun kembali kontrol Ukraina seperti Presiden Rusia Vladimir Putin sedang mencoba untuk mengatasi masalah dengan tenaga kerja, senjata, moral pasukan dan logistik, bersama dengan mengintensifkan kritik domestik dan internasional. 

Putin menghadapi kekacauan dan kemarahan di dalam negeri tentang mobilisasi pasukan parsial dan kebingungan tentang pembentukan perbatasan baru Rusia.

Kemajuan Ukraina telah menjadi begitu jelas sehingga bahkan juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov, yang biasanya berfokus pada keberhasilan militernya dan kerugian musuh, terpaksa mengakuinya. 

“Dengan unit tank yang unggul secara numerik ke arah Zolota Balka dan Oleksandrivka, musuh berhasil menempa jauh ke dalam pertahanan kami,” kata Konashenkov pada hari Senin, merujuk pada dua kota di wilayah Kherson. Dia menggabungkannya dengan klaim bahwa pasukan Rusia menimbulkan kerugian besar pada militer Ukraina.

Puing-puing menggantung dari bangunan tempat tinggal yang hancur sebagian di lingkungan Saltivka di Kharkiv, Ukraina, Senin, 3 Oktober 2022. (AP)

Baca juga: Gaji PM Malaysia Melebihi Presiden Jokowi? Warganet Kepo dan Soroti Gaji Keduanya

Bagaimana Ukraina Menembus Garis Rusia

  1. Pasukan Ukraina telah berjuang untuk merebut kembali wilayah Kherson karena medannya yang terbuka, berbeda dengan serangan sukses mereka di timur laut di sekitar kota terbesar kedua di negara itu Kharkiv yang dimulai bulan lalu.
     
  2. Ukraina telah menekan serangan balasannya di wilayah Kherson sejak musim panas, tanpa henti menghantam jalur pasokan Rusia dan membuat terobosan ke wilayah yang dikuasai Rusia di sebelah barat Sungai Dnieper.
     
  3. Militer Ukraina telah menggunakan beberapa peluncur roket HIMARS yang dipasok AS untuk berulang kali menghantam jembatan utama melintasi Dnieper dan bendungan yang berfungsi sebagai penyeberangan kedua. Itu juga telah menghantam jembatan ponton yang digunakan Rusia untuk memasok pasukannya.
     
  4. Selain daerah Kherson yang dikutip Kementerian Pertahanan Rusia, sumber lain menunjukkan bendera Ukraina, tentara dikerahkan atau tanda-tanda lain bahwa pasukan Kyiv telah merebut kembali desa Arkhanhelske, Myroliubivka, Khreshchenivka, Mykhalivka dan Novovorontsovka. Tidak ada konfirmasi langsung dari Kyiv tentang keuntungan tersebut.
     
  5. Situasi di ibu kota regional, yang juga disebut Kherson, sangat genting sehingga pihak berwenang Rusia membatasi orang untuk pergi, kata kantor kepresidenan Ukraina.
     
  6. Seorang pejabat Rusia di wilayah Kherson, Kirill Stremousov, mengakui bahwa pasukan Ukraina "telah menerobos sedikit lebih dalam" tetapi bersikeras bahwa "semuanya terkendali" dan bahwa "sistem pertahanan Rusia berfungsi."
     
  7. Gubernur Ukraina wilayah Luhansk, Serhiy Haidai, mengatakan pasukan Kyiv merebut kembali desa Torske, 20 kilometer (12 mil) dari kota Kreminna. Analis militer Ukraina Oleh Zhdanov mengatakan daerah itu adalah “kunci untuk mengendalikan seluruh wilayah Luhansk, karena lebih jauh di luar (kota) Rusia tidak memiliki garis pertahanan lagi.”
     
  8. Tentara Ukraina dilaporkan membebaskan sebagian besar Borova di wilayah Kharkiv di seberang Sungai Oskil, 50 kilometer (31 mil) utara kota Lyman. Para pejabat memposting video saat mengemudi di sepanjang jalan yang dikuasai kembali, mengibarkan bendera Ukraina.
     
  9. Ukraina juga telah merebut kembali Lyman, kota timur strategis yang digunakan Rusia sebagai pusat logistik dan transportasi utama. Lyman berada di wilayah Donetsk dekat perbatasan dengan Luhansk.

Baca juga: Gaji PM Malaysia Melebihi Presiden Jokowi? Warganet Kepo dan Soroti Gaji Keduanya

Dorongan Ukraina untuk merebut kembali wilayah telah mempermalukan Kremlin dan memicu kritik domestik yang jarang terhadap perang Putin. Puluhan ribu pria Rusia telah melarikan diri dari Rusia sejak panggilan 21 September. Banyak yang terbang ke Turki, salah satu dari sedikit negara yang memelihara hubungan udara dengan Rusia. Yang lain pergi dengan mobil, menciptakan kemacetan lalu lintas yang panjang di perbatasan Rusia dengan Georgia, Kazakhstan, dan Finlandia.

Badan Energi Atom Internasional, pengawas nuklir PBB, mengatakan Senin bahwa direktur jenderal pembangkit nuklir Zaporizhzhia yang diduduki Rusia - terbesar di Eropa - telah dibebaskan dari tahanan Rusia. Pasukan Rusia telah menutup matanya dan menahan Ihor Murashov pada hari Jumat untuk diinterogasi. ***


Informasi Anda Genggam


Loading...