Antara Celana Jeans dan Tambang Emas

Azhar
Selasa, 04 Oktober 2022 | 13:20 WIB
Pekerja kasar Amerika. Sumber: Dunia Tambang R24/azhar Pekerja kasar Amerika. Sumber: Dunia Tambang

RIAU24.COM -Sejarah mencatat, penggunaan celana jeans kali pertama diperuntukkan bagi pekerja kasar tambang emas di Amerika.

Celana biasa yang kerap mereka gunakan mudah robek sehingga mereka membutuhkan celana yang dapat lebih tahan lama dan kuat dikutip dari viva.co.id.

Breniat mengabulkan impian itu, salah satu istri pekerja tambang mencari penjahit yang dapat membuatnya celana sesuai dengan kriteria yang diidam-idamkan suaminya.

Baca juga: China Bawa Meriam Terbesar Masuk Wilayah Perairan Jepang Di Kepulauan Senkaku

Penjahit yang bernama Jacob Davis itu kemudian berusaha keras menggagas untuk membuat celana dari bahan kain denim yang ia beli di sebuah toko bahan langganannya milik Levi Strauss.

Jacob pun mulai mendesain celana dengan paku keling yang dipasangkan di beberapa titik celana yang rentan robek.

Baca juga: Gaji PM Malaysia Melebihi Presiden Jokowi? Warganet Kepo dan Soroti Gaji Keduanya

Paku keling yang digunakan oleh Jacob adalah rivet yang biasanya ada di atas saku celana jeans. Setelah jadi, celana yang dibuat sangat cocok digunakan oleh para pekerja tambang.

Sehingga Jacob Davis dan Levi Strauss menjadi tokoh yang penting dalam sejarah terciptanya celana jeans. Seiring berjakannya waktu, Levi Strauss memperkenalkan bahan kain jenis denim ke Amerika pada tahun 1853.


Informasi Anda Genggam


Loading...