Jawaban Pihak Pertamina Terkait Video Viral BBm Pertalita yang Cuma RON 86 seharusnya RON 90

Intan Salfitri
Minggu, 09 Oktober 2022 | 17:57 WIB
 Jawaban Pihak Pertamina Terkait Video Viral BBm Pertalita yang Cuma RON 86 seharusnya RON 90 R24/int Jawaban Pihak Pertamina Terkait Video Viral BBm Pertalita yang Cuma RON 86 seharusnya RON 90

RIAU24.COM - Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya Jenis BBM Penugasan (JBKP) Pertalite, yang kabarnya tidak sesuai dengan spesifikasi RON 90 membuat PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya Pertamina Patra Niaga buka suara terkait uji ukur spesifikasi tersebut.

Baca juga: BRIN Kerap Lakukan Pelanggaran, PKS Minta Jokowi Turun Tangan: Sebelum Terlambat

Beberapa waktu lalu melalui media sosial seseorang  melakukan uji ukur Pertalite dalam botol.

Dalam unggahannya, uji ukur itu menggambarkan bahwa Pertalite bukan RON 90 melainkan RON 86.

Menanggapi unggahan ini, Pertamina Patra Niaga pun buka suara. Corporate Secretary, Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan alat pengujian RON yang akurat harus mengacu kepada metode standar seperti ASTM RON method.

"Di mana seluruh proses pengujian dapat divalidasi dan alat yang digunakan selalu dikalibrasi," jelasnya, dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu (9/10/2022).

Pihal Pertamina juga menjelakan bahwa alat yang digunakan unggahan unggahan adalah Oktan Analyzer Portable.

Baca juga: Jokowi Reshuffle Kabinet, Sekjen Rekrat Indonesia: Bukan Hal Istimewa 

Alat tersebut juga harus terbukti sudah terkalibrasi menggunakan certified reference material secara berkala.

Ia menerangkan, selama ini Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMGB) atau Lemigas sudah menguji 6 sample Pertalite di SPBU wilayah Jakarta. Pihaknya juga memastikan RON yang dihasilkan adalah Pertalite RON 90.

"Seluruh sample menunjukkan hasil atau spek Pertalite masih sesuai dengan ketentuan Dirjen Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri," pungkasnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...