Inilah Herba dan Rempah yang Efektif Turunkan Tekanan Darah Tinggi dan Gula Darah

Amastya
Senin, 10 Oktober 2022 | 11:26 WIB
Fenugreek, salah satu rempah dan herba yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan gula darah /sehatq.com R24/tya Fenugreek, salah satu rempah dan herba yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan gula darah /sehatq.com

RIAU24.COM - Gula darah tinggi dan tekanan darah tinggi adalah kondisi yang memiliki kemampuan untuk merusak berbagai organ tubuh jika levelnya tidak terkontrol.

Baca juga: Rahasia Panjang Umur Maria Branyas Morera, Manusia Tertua di Dunia

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke dan beberapa kondisi lainnya sedangkan tinggi gula darah dapat merusak organ Anda seperti ginjal dan mata. Karena itu, sangat penting untuk menjaga gula darah dan tekanan darah Anda tetap terkendali.

Ketika Anda melihat tingkat tekanan darah menjadi tinggi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sehingga mereka dapat meresepkan obat-obatan tertentu yang membantu menjaga tekanan darah dan gula darah Anda di bawah kontrol.

Namun, seiring dengan obat-obatan, Anda juga bisa menggunakan pengobatan rumahan tertentu yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan gula darah Anda.

Berikut adalah beberapa rempah-rempah dan herbal yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan gula darah, dikutip dari timesnownews.com :

1. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai salah satu rempah-rempah terbaik dan memiliki beberapa manfaat. Kunyit memiliki kandungan kurkumin di dalamnya yang bekerja untuk mengurangi kadar gula darah. Selain itu, rempah yang berwarna oranye kekuningan ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan.

2. Kayu manis

Kayu Manis adalah rempah-rempah yang bekerja pada tekanan darah serta gula darah. Tidak hanya itu, rempah yang satu ini juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Kayu manis digunakan untuk beberapa keperluan seperti memasak dan memanggang.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah favorit diantara banyaknya rempa yang bermanfaat sebagai obat. Bawang putih dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah yang kemudian memungkinkan aliran darah bebas.

4. Fenugreek

Minum air Methi (Fenugreek) di pagi hari dikenal sangat bermanfaat. Ini dapat membantu mengurangi kadar gula darah Anda dan sangat bagus untuk orang yang menderita diabetes tipe-2.

Baca juga: 5 Gejala Kolesterol yang Bisa Terlihat Jelas dari Kulit, Begini Bentuknya 

Itulah beberapa herba dan rempah yang dapat dijadikan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi dan gula darah.

Kiat dan saran yang disebutkan dalam artikel hanya untuk tujuan informasi umum dan tidak bisa ditafsirkan sebagai saran medis profesional.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda sebelum memulai program kebugaran apa pun atau membuat perubahan apa pun pada diet Anda.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...