Bagus untuk Kesehatan Tubuh, Kenali Manfaat Daun Sambiloto

Devi
Jumat, 14 Oktober 2022 | 11:51 WIB
Bagus untuk Kesehatan Tubuh, Kenali Manfaat Daun Sambiloto R24/dev Bagus untuk Kesehatan Tubuh, Kenali Manfaat Daun Sambiloto

RIAU24.COM - Anda mungkin pernah mendengar nama daun sambiloto. Daun ini merupakan tanaman herbal yang dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Meski mungkin masih banyak yang belum mengetahui keberadaan daun ajaib yang satu ini. Sambiloto merupakan salah satu daun yang sudah lama dipergunakan sebagai obat tradisional karena mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Baca juga: 5 Gejala Kolesterol yang Bisa Terlihat Jelas dari Kulit, Begini Bentuknya 

Memiliki nama latin (Andrographis paniculata), daun sambiloto memiliki kandungan zat aktif andrografolid yang memiliki sifat antiradang, antibakteri dan antivirus. Tanaman ini berasal dari negara yang terdapat di Asia Selatan, seperti India dan Sri Lanka.

Sambiloto memiliki daun tunggal bertangkai pendek dengan letak berhadapan bersilang, bentuk lanset, pangkal runcing, ujung meruncing, tepi rata, dan permukaan atas yang berwarna hijau tua. Meski memiliki rasa yang pahit, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi daun sambiloto, dilansir dari HighEnd, Kamis, 13 Oktober.

Mengatasi Flu
Daun sambiloto dipercaya bisa mengatasi pilek yang disebabkan oleh flu. Hal ini dikarenakan daun sambiloto mampu merangsang kekebalan imun tubuh dan bertugas sebagai antivirus. Jadi, saat Anda sedang terserang flu, cobalah minum air rebusan daun sambiloto.

Menjaga Kesehatan Jantung
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Chinese Medical Journal, daun sambiloto dinilai mampu mencegah pembentukan gumpalan dan penyempitan pembuluh darah. Minum air rebusan daun sambiloto seminggu sekali bisa menjaga kesehatan jantung Anda.

Mencegah Diabetes
Sebuah penelitian pada hewan yang ditulis dalam Indian Journal of Pharmacology menunjukkan bahwa daun sambiloto mampu menurunkan kadar glukosa, trigliserida, dan kolesterol pada seekor tikus yang telah diberikan asupan lemak dan gula tinggi.

Baca juga: Bukan Cuma Kopi Susu, Ini 4 Makanan yang Haram Diberikan Pada Bayi 

Menyembuhkan Infeksi
Daun sambiloto memiliki sifat antibakteri yang dapat membantumu mengatasi infeksi bakteri yang sedang kamu alami. Penyakit sakit tenggorokan menjadi salah satu infeksi bakteri pada tenggorokan yang bisa diatasi dengan daun sambiloto.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Daun sambiloto dinilai efektif dalam mengatasi gangguan pencernaan. Salah satu penyakit pencernaan yang bisa diatasi dengan daun sambiloto adalah kolitis ulseratif.

 

***


Informasi Anda Genggam


Loading...