Wabup Husni Minta OPD Terkait Siaga Hadapi Musim Hujan dan Pasang Keling

Lina
Selasa, 18 Oktober 2022 | 22:24 WIB
Wabup Siak Husni Merza dalam arahannya R24/lin Wabup Siak Husni Merza dalam arahannya

RIAU24.COM - Wakil Bupati Siak Husni Merza meminta kepada para camat dan OPD terkait selalu siaga dan deteksi dini risiko akibat terjadinya banjir dan tanah longsor di sejumlah titik tertentu di kabupaten Siak. Mengingat curah hujan yang tinggi terjadi di wilayah kabupaten Siak. 

Baca juga: Rakernas Hybrid PP Pordasi 2023 Siak Hari Kedua Agendakan Delapan Kali Sidang

“Cuaca dalam seminggu terakhir di kabupaten Siak sering hujan di sertai angin dan petir. Banyak masyarakat mengeluh dan melapor kepada kami, di sana sini terjadi banjir. Bahkan dibeberapa daerah terjadi tanah longsor. Saya minta OPD terkait, ini harus menjadi perhatian kita terutama Dinas BPBD, para camat juga nanti di minta untuk mendeteksi atau menganalisis resiko akibat terjadinya banjir dan tanah longsor,”kata Husni saat memimpin apel pagi Senin bersama di lingkungan Pemkab Siak, di halaman kantor Bupati Siak, Tanjung Agung, Senin (17/10).

Husni berharap Dinas PU Tarukim juga selalu standby alat beratnya, karena jika sewaktu-waktu terjadi banjir di areal pemukiman penduduk dan lahan perkebunan, bisa segera diturunkan. 

“Seperti kemarin saya mendapat laporan jalan Siak-Dayun terjadi banjir, entah karena hujan lebat atau kanal yang tidak berfungsi. Saya minta pak Irving turunkan alat, Alhamdulillah tak sampai 12 jam genangan air tersebut mengering,”ucapnya.

Ia menjelaskan, ada dua faktor alam yang terjadi bersamaan yaitu musim hujan yang tidak menentu dan pasang keling yang terjadi di penghujung tahun. Tentu ini memiliki dampak pada kesehatan masyarakat, bisa jadi muncul penyakit-penyakit bawaan dari kondisi genangan air. 

“Ini juga harus menjadi perhatian dinas kesehatan, termasuk Puskesmas juga untuk menyiapkan sedini mungkin guna antisipasi agar kondisi tidak lebih buruk,”tegasnya.

Husni mengatakan, ada juga beberapa perusahaan terpaksa membuka kanannya, yang akibatnya air meluber ke pemukiman masyarakat, ini terjadi di sejumlah titik pemukiman yang berdomisili dekat dengan HPH atau HGU perusahan di beberapa kecamatan. 

“Kami minta perusahan juga membantu masyarakat yang tinggal dekat dengan operasional perusahaan, seperti cuci kanal atau membantu dari dampak yang di timbulkan air kalan yang meluap,”tutu Husni.

Baca juga: Rakernas Hybrid PP Pordasi 2023 Resmi Dibuka, Ketum Minta Pengprov Persiapkan Diri Hadapi PON XXI 2024 Aceh - Sumut 

Usai apel wakil Bupati Husni Merza membagikan bibit cabe rawit dan merah kepada masing-masing OPD di wakili Sekretaris, untuk dibagikan ke masing-masing ASN. Apel pagi itu di ikuti para pimpinan OPD, para Sekretaris Dinas, Kepala bagian, Kepala Bidang para ASN dan Non ASN di lingkungan Pemkab Siak. (Lin)


Informasi Anda Genggam


Loading...