Verifikasi Faktual Keanggotaan Parpol KPU Bengkalis, Bawaslu Bengkalis Awasi Hingga Malam Hari

Dahari
Rabu, 19 Oktober 2022 | 12:45 WIB
Ketua Bawaslu Mukhlasin R24/hari Ketua Bawaslu Mukhlasin

RIAU24.COM -BENGKALIS-  KPU Bengkalis melalui tim verifikator, mulai Selasa (18/10) kemarin mulai melakukan verifikasi faktual keanggotan partai politik (parpol) di Kecamatan Bengkalis.

Nama-nama anggota parpol diverifikasi tersebut, merupakan sampel anggota parpol sebelumnya telah disampaikan KPU RI ke KPU Bengkalis.

“Sesuai tahapan dan jadwal, kita melakukan verifikasi faktual terhadap keanggotaan parpol yang ada di kecamatan di Kabupaten Bengkalis. Untuk hari ini kita melakukannya di seluruh desa yang ada di Kecamatan Bengkalis,”ujar Anggota KPU Bengkalis Fadhillah Al Mausuly juga membidangi Teknis Penyelenggaraan, Selasa 18 Oktober 2022 kemarin.

Baca juga: Berikut Nama Nama Pengurus Masjid Istiqomah Bengkalis Periode 2022-2025

Terkait verifikasi faktual keanggotan parpol di Kecamatan Bengkalis tersebut, ungkap Fadhillah, sekurang-kurangnya hampir 200-an lebih anggota parpol yang namanya terdaftar di dalam Sipol untuk  dilakukan pembuktian (verfak). Mereka para anggota parpol tersebut tersebar di desa-desa yang ada.

“Intinya, melalui verifikasi faktual ini kita ingin membuktikan apakah yang bersangkutan benar-benar merupakan anggota parpol atau tidak,”ujarnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis Mukhlasin menegaskan, selama proses verifikasi faktual keanggotaan parpol berlangsung, pihak Bawaslu berupaya dan terus melakukan pengawasan secara maksimal, bagi memastikan proses verifikasi berjalan dengan benar dan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. 

“Mari kita awasi verifikasi faktual yang dilakukan KPU ini dengan maksimal sesuai kententuan dan prosedur yang ada.  Catat dan segera koordinasikan jika ada hal-hal yang tidak sesuai selama menjalankan pengawasan,”ujar Mukhlasin, Rabu 19 Oktober 2022.

Baca juga: Bupati Kasmarni Sambut Kedatangan Anggota DPRD Kepulauan Meranti

Berdasarkan pantauan dilapangan, tim pengawas yang diturunkan Bawaslu Bengkalis dalam proses verifikasi faktual ini sesuai jumlah tim verifikasi yang diturunkan KPU Bengkalis. 

Sekurang-kurangnya, ungkap Mukhlasin ada delapan tim yang diturunkan bagi mengawasi secara langsung, termasuk para pimpinan Bawaslu Kabupaten Bengkalis pun ikut mengawasi. 

"Berdasarkan informasi dilapangan, mereka para pengawas pemilu itu setia mengawasi hingga malam hari, terutama di desa-desa yang terletaknya jauh dari pusat kota, seperti di Desa Kelemantan, Sekodi dan Palkun,"pungkas Ketua Bawaslu.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...